PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

IRVA NURIL FAHMI, 12201173338 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (241kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Irva Nuril Fahmi, NIM 12201173338, pembimbing Dita Hendriani, M.A. Kata kunci : Gadget, Minat Belajar, Daring, Pendidikan Agama Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam karena adanya pengaruh penggunaan gadget. Widiawati & sugiman mengatakan bahwa pada zaman milenial ini gadget sudah digunakan dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa, namun lebih mirisnya gadget juga digunakan oleh balita usia 3-5 tahun. Gadget masa kini sudah dilengkapi oleh aplikasi-aplikasi yang bisa menarik perhatian peserta didik. Penggunaan gadget yang terlalu lama dan berlebihan dapat berpengaruh negatif terhadap minat belajarnya sehingga dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Oleh karena itu pentingnya orang tua maupun guru dalam mengingatkan peserta didik pada penggunaan gadget di kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh penggunaan gadget terhadap ketertarikan belajar peserta didik dalam pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung? 2) Adakah pengaruh penggunaan gadget terhadap perhatian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung?. 3) Adakah pengaruh penggunaan gadget terhadap keterlibatan belajar peserta didik dalam pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan 2 kelas dengan kategori 1 kelas sebagai kelas kontrol dan 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data awal menggunakan uji validitas, uji reabilitas, sedangkan analisis data prasyarat menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas. Untuk mengolat data menggunakan uji hipotesis regresi linier sederhana dengan uji t. Hasil penelitian diketahui bahwa: rumusan masalah 1) Ada pengaruh karena nilai thitung sebesar 1,880 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,671. Karena thitung > ttabel atau 1,880 > 1,671 dan (sig.) = 0,065 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Rumusan masalah 2) Ada pengaruh karena nilai thitung sebesar 1,710 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,671. Karena thitung > ttabel atau 1,710 > 1,671 dan (sig.) = 0,092 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Rumusan masalah 3) Ada pengaruh karena thitung sebesar 1,802 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,671. Karena thitung > ttabel atau 1,802 > 1,671 dan (sig.) = 0,076 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Karena semua hasil dari ttabel negatif () maka dapat dikatakan bahwa penggunaan gadget berpengaruh negatif pada ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan belajar peserta didik pada pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173338 Irva Nuril Fahmi
Date Deposited: 30 Aug 2021 07:07
Last Modified: 30 Aug 2021 07:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21538

Actions (login required)

View Item View Item