PENGARUH PENGUASAAN IT, TANGGUNGJAWAB GURU, DAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI SE-KECAMATAN LEMPUING SUMATERA SELATAN

NIKMATUL KHOIRIYAH, 12505194015 (2021) PENGARUH PENGUASAAN IT, TANGGUNGJAWAB GURU, DAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI SE-KECAMATAN LEMPUING SUMATERA SELATAN. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (992kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (490kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan Judul “Pengaruh Penguasaan IT, Tanggung Jawab Guru, dan Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI Se-Kecamatan Lempuing Sumatera Selatan” ditulis oleh Nikmatul Khoiriyah dengan Promotor Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd dan Dr. Adi Wijayanto, M.Pd. Kata Kunci : IT, Tanggung Jawab, Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta dalam proses pembelajaran bahwa penguasaan teknologi informasi merupakan kewajiban bagi seorang guru guna meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran. Guru selain sebagai pengampu kegiatan belajar mengajar juga memiliki kewajiban membantu siswa untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran dan juga dapat mewujudkan mutu pembelajaran yang baik. Sedangkan pada kondisi pandemi saat ini pembelajaran secara daring kurang terlaksana secara maksumal karena terdapat beberapa kendala seperti internet yang kurang memadai, gadged tidak digunakan sebagaimana mestinya, kurangnya kerja sama antara guru dan orangtua, sehingga menyebabkan pencapaian prestasi belajar siswa kurang maksimal. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1 ) Adakah pengaruh secara signifikan penguasaan IT terhadap prestasi belajar siswa di MI seKecamatan Lempuing Sumatera Selatan? (2) Adakah pengaruh secara signifikan tanggung jawab guru terhadap prestasi belajar siswa di MI se-Kecamatan Lempuing Sumatera Selatan? (3) Adakah pengaruh secara signifikan pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa di MI se-Kecamatan Lempuing Sumatera Selatan? (4) Adakah pengaruh secara signifikan penguasaan IT, tanggung jawab guru, dan pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa di MI se-Kecamatan Lempuing Sumatera Selatan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi (hubungan). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.640 populasi dengan cluster sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel di 4 sekolah dengan sebanyak 100 responden. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, dokumen hasil penilaian akhir tahun siswa kelas 5 pada semester genap dengan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Berdasarkan hasil analisis diperoleh Fhitung = 4.400 dan Ftabel = 3.94 pada taraf signifikansi 5% karena Fhitung > Ftabel artinya ada pengaruh secara signifikan penguasaan IT terhadap prestasi belajar siswa di MI se-Kecamatan Lempuing Sumatera Selatan. (2) Berdasarkan hasil analisis diperoleh Fhitung = 4.211 dan Ftabel = 3.94 pada taraf signifikansi 5% karena Fhitung > Ftabel artinya ada pengaruh secara signifikan tanggung jawab guru terhadap prestasi belajar siswa di MI se-Kecamatan Lempuing Sumatera Selatan. (3) Berdasarkan hasil analisis diperoleh Fhitung = 4.070 dan Ftabel = 3.94 pada taraf signifikansi 5% karena Fhitung > Ftabel artinya ada pengaruh secara signifikan pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa di MI se-Kecamatan Lempuing Sumatera Selatan. (4) Berdasarkan hasil analisis yang ditunjukkan oleh output ANOVA dengan nilai Fhitung > Ftabel (4.844 > 3.94) dan output Coefficients taraf nilai signifikansi 0.004 < 0.05. Dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh secara signifikan penguasaan IT, tanggung jawab guru, dan pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa di MI se-Kecamatan Lempuing Sumatera Selatan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505194015 NIKMATUL KHOIRIYAH
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:35
Last Modified: 30 Aug 2021 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21521

Actions (login required)

View Item View Item