PENGGUNAAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA AL QUR’AN (Studi Multi Situs di MI Al Azhar Bandung dan MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung)

MUHAMMAD MUSTOFA HABIB, 12505194033 (2021) PENGGUNAAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA AL QUR’AN (Studi Multi Situs di MI Al Azhar Bandung dan MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (203kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Penggunaan Metode Ummi dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al Qur’an (Studi Multi Situs di MI Al Azhar Bandung dan MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung) ini ditulis oleh saudara Muhammad Mustofa Habib dibimbing oleh Prof. Dr. Mohamad Jazeri, M.Pd. dan Dr. Ahmad Tanzeh M.Pd.I. Kata Kunci: Penggunaan Metode Ummi, kualitas baca Al Qur’an. Penelitian tesis ini dilatar belakangi dari tertariknya penulis meneliti guru Al Qur’an dalam mengajar anak-anak membaca Al Qur’an pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Penulis beranggapan bahwa tehnik yang digunakan guru dalam pembelajaran Al Qur’an bagus. Sehingga pada kesempatan ini peneliti meneliti terkait penggunaan metode belajar Al Qur’an dengan metode Ummi. Pertanyaan penelitian pada tesis ini meliputi: Bagaimanakah Penggunaan Tehnik langsung metode Ummi dalam meningkatkan kualitas belajar (studi multi situs di MI Al Azhar Bandung dan MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung)?, Bagaimanakah Penggunaan Tehnik pengulangan metode Ummi dalam meningkatkan kualitas belajar (studi multi situs di MI Al Azhar Bandung dan MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung)?, Bagaimanakah Penggunaan Tehnik kasih sayang metode Ummi dalam meningkatkan kualitas belajar (studi multi situs di MI Al Azhar Bandung dan MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung)? Tesis ini memiliki tujuan penelitian meliputi: untuk menemukan dan menganalisis Penggunaan Tehnik langsung metode Ummi dalam meningkatkan kualitas belajar (studi multi situs di MI Al Azhar Bandung dan MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung), untuk menemukan dan menganalisis Penggunaan Tehnik diulang ulang metode Ummi dalam meningkatkan kualitas belajar (studi multi situs di MI Al Azhar Bandung dan MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung), untuk menemukan dan menganalisis Penggunaan Tehnik kasih sayang metode Ummi dalam meningkatkan kualitas belajar (studi multi situs di MI Al Azhar Bandung dan MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung). Metode adalah cara untuk melakukan sesuatu dengan menggunkan pikiran secara seksama guna mencapai suatu tujuan. Penelitian pada hakikatnya merupakan suatu upaya untuk menemukan kebenaran atau untuk lebih membenarkan kebenaran. Jadi, metode penelitian adalah cara yang digunakan untuk penelitian keilmuan sehingga mendapatkan fakta yang mendukung sebuah tujuan penelitian. Hasil penelitian dari tehnik langsung meningkatkan kualitas baca Al Qur’an dengan metode Ummi di MI Al Azhar Bandung dan MI Islamiyah Pinggirsari. Pada prosesnya anak-anak disuruh untuk menirukan bacaan yang dibacakan oleh guru secara langsung. Tidak melakukan banyak penjelasan. Menekankan pada penerapan bahasa ibu. yaitu dengan menggunakannya secara langsung dan intensif dalam komunikasi. Guru menjelaskan materi dengan sedikit. Hasil penelitian dari tehnik diulang-ulang meningkatkan kualitas baca Al Qur’an dengan metode ummi di MI Al Azhar Bandung dan MI Islamiyah Pinggirsari. Dalam penerapannya guru Penerapan strategi diulang-ulang ini guru terapkan pada tahap apersepsi dan tahapan latihan atau praktek. Tahap penanaman konsep di metode Ummi siswa harus menyimak bacaan yang dicontohkan oleh guru. Kemudian guru mempersilahkan siswa untuk membaca secara berulang ulang sampai bacaan siswa dirasa sempurna. pada proses tersebut sekaligus pada proses pemahaman dimana siswa membaca secara klasikal dan individual secara berulang ulang. Peneliti menemukan gambaran tentang Tehnik kasih sayang meningkatkan kualitas baca al qur’an dengan metode ummi di MI Al Azhar Bandung dan MI Islamiyah Pinggirsari. Dalam penerapan tehnik kasih sayang guru Al Qur’an dengan menggunakan metode Ummi biasanya menerapkan mengajar dengan bahasa Ibu, yakni bahasa yang lembut, kemudian guru juga menerapkan pemberian reward, pemberian punishment.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505194033 MUHAMMAD MUSTOFA HABIB
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:32
Last Modified: 30 Aug 2021 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21517

Actions (login required)

View Item View Item