PERAN ORANG TUA SEBAGAI SMART PARENTING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA ERA NEW NORMAL (Studi Multi Situs Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Tulungagung Dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tulungagung)

AHMAD BADRUL ZAMAN, 12505194002 (2021) PERAN ORANG TUA SEBAGAI SMART PARENTING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA ERA NEW NORMAL (Studi Multi Situs Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Tulungagung Dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Peran Orang Tua Sebagai Smart Parenting dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak Pada Era New Normal (Studi Multi Situs di MIN 3 Tulungagung dan MIN 5 Tulungagung)” ini ditulis oleh Ahmad Badrul Zaman dibimbing oleh Prof. Dr. Mohamad Jazeri, M.Pd., dan Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Peran Orang Tua, Smart Parenting, Minat Belajar Akidah Akhlak, Era New Normal Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh adanya era New Normal yang menyebabkan minat belajar siswa menurun. Peran orang tua dalam pembelajar pada Era New Normal sangat dibutuhkan karena belajar lebih banyak dilakukan di rumah. Salah satu peran orang tua bagi anak adalah sebagai Smart Parenting dalam meningkatkan minat belajar khususnya pelajaran Akidah Akhlak. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana peran orang tua sebagai Responding, Monitoring, dan sebagai Modeling dalam meningkatkan minat belajar Akidah Akhlak pada era New Normal di MIN 3 Tulungagung dan MIN 5 Tulungagung. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua sebagai Responding, Monitoring, dan sebagai Modeling dalam meningkatkan minat belajar Akidah Akhlak pada era New Normal di MIN 3 Tulungagung dan MIN 5 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian studi multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui Analisis Data Kasus Tunggal (Reduksi data, Penyajian data, Verifikasi/ penarikan kesimpulan) dan Analisis data lintas situs. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) peran orang tua sebagai Responding dalam meningkatkan minat belajar Akidah Akhlak pada era New Normal di MIN 3 Tulungagung dan MIN 5 Tulungagung adalah membimbing, mengarahkan, memberikan perhatian sepenuhnya, mengingatkan, dan memotivasi anak ketika menghadapi masalah pembelajaran, 2) Peran orang tua sebagai Monitoring dalam meningkatkan minat belajar Akidah Akhlak pada era New Normal di MIN 3 Tulungagung dan MIN 5 Tulungagung adalah dengan cara berpartisipasi, keterlibatan, fokus, konsisten, menguatkan serta memberi solusi kepada anak, membimbing dan memantau anaknya, dan mengawasi interaksi anak dengan guru dalam pembelajaran daring, dan 3) Peran orang tua sebagai Modeling dalam meningkatkan minat belajar Akidah Akhlak pada era New Normal di MIN 3 Tulungagung dan MIN 5 Tulungagung adalah memberikan contoh pembelajaran langsung dalam kehidupan sehari-hari dan mengamati tingkah laku siswa saat belajar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Minat Belajar
Peradilan Islam > Orang Tua
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505194002 AHMAD BADRUL ZAMAN
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:56
Last Modified: 15 Nov 2021 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21515

Actions (login required)

View Item View Item