PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEKS PERSUASI BERBASIS DARING DI KELAS VIII MTsN 2 NGANJUK

ITA NOVITASARI, 12210173079 (2021) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEKS PERSUASI BERBASIS DARING DI KELAS VIII MTsN 2 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (848kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (593kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (941kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)

Abstract

Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 dilaksanakan dengan pendekatan saintifik. Dalam pelaksanaanya berpusat pada siswa, dan guru hanya sebagai fasiliator dituntut mampu untuk membimbing siswa dalam memecahkan suatu permasalahan. Dampak penyebaran Covid-19 yang meluas, membuat pemeritah mengeluarkan kebijkan belajar dari rumah melalui jaringan (Daring). Pembelajaran daring tersebut, menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk lebih berinovasi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran teks persuasi di MTsN 2 Nganjuk masih membutuhkan perhatian, dalam pembelajaran daring ini siswa kesulitan dalam memahami teks persuasi sehingga guru menggunakan pendekatan saintifik untuk menjadi jembatan siswa dalam memahami materi melalui proses mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Dengan demikian, guru dituntut untuk kreatif dan mampu menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran teks persuasi berbasis daring di kelas VIII MTsN 2 Nganjuk 2) Mendeskripsikan kendala penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran teks persuasi berbasis daring di kelas VIII MTsN 2 Nganjuk 3) Mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kendala penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran teks persuasi berbasis daring di kelas VIII MTsN 2 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi non pastisipan, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini, yakni guru bahasa Indonesia kelas VIII-7. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat melalui diskusi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran teks persuasi berbasis daring sudah terlaksana meskipun belum maksimal, dikarenakan pada pertemuan pertama dan kedua ada kegiatan saintifik yang belum diterapkan. Pada pertemuan pertama pembelajaran teks persuasi berbasis daring guru belum menerapkan kegiatan mengomunikasikan. Pada pertemuan kedua guru belum menerapkan kegiatan mencoba dan mengomunikasikan. Pada pertemuan ketiga guru sudah menerapakan pendekatan saintifik 5 M yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengomunikasikan. Namun, bentuk kegiatan yang dilaksanakan kurang menarik atau kurang variasi untuk menumbuhkan antuasias siswa dalam mengikuti pembelajaran. Kendala penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran teks persuasi berbasis daring yaitu, sarana dan prasarana yang kurang memadai, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, dan sumber yang digunakan fokus pada satu sumber. Upaya guru dalam mengatasi kendala, yaitu membolehkan siswa datang ke sekolah dengan syarat mematuhi protokol kesehatan, guru membuat media yang menarik dan melakukan diskusi dengan guru bahasa Indononesia serta kelompok MGMP untuk membahas pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi siswa agar lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Novitasari Ita
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:36
Last Modified: 30 Aug 2021 02:36
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/21503

Actions (login required)

View Item View Item