PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

SITI UMMAYATUS SOFIYAH, 12205173004 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (630kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (321kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021” ditulis oleh Siti Umayyatus Sofiyah, NIM. 12205173004, pembimbing Dr. Nuryani, S.Ag., M.Pd.I. . Kata kunci: kooperatif, snowball throwing, hasil belajar, fiqih Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih, kurangnya inovatif model pembelajaran yang diterapkan pendidik. Maka dari itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat merubah hasil belajar peserta didik dari sebelumnya menuju hasil yang lebih baik serta menjadikan peserta didik tidak bosan pada proses pembelajaran di dalam kelas. Salah satunya yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing peserta didik akan mendapatkan cara belajar yang menyenangkan serta aktif di dalam kelas sehingga hasil belajar peserta didik akan meningkat dari sebelumnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021?, (2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk menghitung pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snawball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021. (2) Untuk menghitung besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini mengacu pada teori Aris Shoimin yang mengemukakan bahwa snowball throwing adalah model pembelajaran dimana terdapat diskusi kelompok dan antar teman saling sharing pengalaman dan pengetahuan sehingga terjadinya interaksi dalam upaya menyelesaikan permasalahan yang timbul di dalam diskusi secara lebih interaktif dan menyenangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil analisis menggunakan uji Independent Sampel T-test adalah sebesar 0,000 dengan taraf nilai signifikansi 0,05. Jadi, 0,000 < 0,05 maka

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173004 Siti Umayyatus Sofiyah
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:59
Last Modified: 26 Aug 2021 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21454

Actions (login required)

View Item View Item