IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA AL-QUR’AN SISWA (Studi Multi Kasus di SMP Islam Terpadu Darussalam Tulungagung dan SMP Islam Al Azhar Tulungagung)

NI’MATUL AYATI, 12506194050 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA AL-QUR’AN SISWA (Studi Multi Kasus di SMP Islam Terpadu Darussalam Tulungagung dan SMP Islam Al Azhar Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (669kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (996kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (361kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an Siswa (Studi Multi Kasus di SMP Islam Terpadu Darussalam Tulungagung dan SMP Islam Al-Azhar Tulungagung)” ini ditulis oleh Ni’matul Ayati, dengan dibimbing oleh Dr. H. Zaini Fasya, M.Pd.I dan Dr. Hj. Salamah Noorhidayati, M.Ag. Kata Kunci : Pembelajaran dan Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak anak dan remaja muslim sekarang yang buta huruf terhadap Al-Qur’an sehingga belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Selain itu rendahnya motivasi peserta didik dalam membaca Al-Qur’an seiring dengan kemajuan teknologi, dimana masa-masa mereka sering dihabiskan dengan gadgetnya dibanding dengan membaca dan mempelajari Al-Qur’an. Hal ini menjadikan pertimbangan lembaga-lembaga pendidikan mengadakan pembelajaran Al-Qur’an diantaranya penggunaan Metode Ummi dan metode Yanbu’a dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an bagi peserta didik. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah : (1) Bagaimana implementasi pendekatan pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an sesuai kaidah ilmu tajwid di SMP Islam Terpadu Darussalam Tulungagung dan SMP Islam Al-Azhar Tulungagung?, (2) Bagaimana implementasi strategi pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampauan membaca Al-Qur’an sesuai kaidah ilmu tajwid di SMP Islam Terpadu Darussalam Tulungagung dan SMP Islam Al-Azhar Tulungagung?, dan (3) Bagaimana implementasi evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran Al-Qur’an di SMP Islam Terpadu Darussalam Tulungagung dan SMP Islam Al-Azhar Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kasus tunggal dan analisis lintas kasus. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, dan trianggulasi sumber dan metode. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pendekatan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Ummi di SMP Islam Terpadu Darussalam Tulungagung menggunakan empat pendekatan sesuai pedoman dengan adanya modifikasi dan variasi yaitu: pendekatan individual, pendekatan klasikal individual, pendekatan klasikal baca simak, pendekatan klasikal baca simak murni.. Sedangkan Pendekatan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan Klasikal dan pendekatan Individual.. (2) Strategi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode ummi di SMP Islam Terpadu Darussalam Tulungagung yaitu memahami metodologi pegajaran Al-Qur’an dan tahapan-tahapannya serta pengelolahan kelas yang baik menggunakan metode langsung, kemudian repetation serta kesabaran dan kasih sayang. Sedangkan strategi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung yaitu penyampaian materi pokok disertai contoh, pengkondisikan siswa dan pelaksanakan metodologi pembelajaran dengan baik menggunakan metode pengulangan (drill). (3) Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an di SMP Islam Terpadu Darussalam dan SMP Islam Al-Azhaar terdiri dari empat jenis evaluasi yaitu: Placement test, evaluasi harian, evaluasi kenaikan kelas atau jilid, serta evaluasi tahap akhir.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506194050 NI’MATUL AYATI
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:36
Last Modified: 26 Aug 2021 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21447

Actions (login required)

View Item View Item