UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII DI SLTP ISLAM HASANUDDIN KESAMBEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2007/2008

SAPTANINGRUM, YANU (2011) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII DI SLTP ISLAM HASANUDDIN KESAMBEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2007/2008. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.rtf

Download (83kB)
[img] Text
Bab II.rtf

Download (102kB)
[img] Text
Bab III.rtf

Download (277kB)
[img] Text
Bab IV yanu.rtf

Download (488kB)
[img] Text
Bab IV.rtf

Download (504kB)
[img] Text
Bab V.rtf

Download (17kB)
[img] Text
Bab VI.rtf

Download (13kB)
[img] Text
COVER valid.rtf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.doc

Download (25kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran, Problem Possing, Aritmatika Dalam pembelajaran matematika seyogyanya tidak disamakan begitu saja dengan ilmu yang lain, mengingat matematika mempunyai karaktearistik unik dan khas. Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang besar manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Tapi dalam kenyataan dalam prestasi pendidikan kita, matematika masih dibawah standart ilmu-ilmu yang lain. Hal tersebut memang dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya adalah rendahnya motivasi belajar siswa yang berpengaruh pada hasil belajar siswa. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan peran aktif guru dalam menyediakan kondisi belajar yang tepat yang diharapkan bisa memotivasi siswa untuk aktif belajar. Salah satu metode yang ditawarkan peneliti adalah metode pembelajaran problem possing. Metode ini mengharuskan siswa membuat masalah, dengan membuat masalah maka siswa diharapkan juga mampu untuk menjelaskan. Dalam penelitian ini mempunyai dua fokus masalah, yaitu: 1) Bagaimana peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran problem possing pada materi aritmatika sosial? 2) Bagaimana hasil belajar siswa dengan pembelajaran problem possing pada materi aritmatika sosial. Dengan fokus masalah tersebut diharapkan dapat mengarahkan pada tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk meningkatkan motivasi belajar dengan pembelajaran problem possing, 2) Untuk meningkatkan hasil belajar dengan pembelajaran problem possing. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Untuk membandingkan nilai sebelum tindakan, pada waktu tindakan dan setelah tindakan dilakukan. Dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus PTK. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada pelajaran matematika di kelas VII SMP Islam Kesamben Blitar menunjukkan bahwa motivasi belajar dan hasil belajar kelas tersebut rendah salah satu penyebabnya adalah selama ini guru cendrung memakai metode ceramah dalam penyampaian materi, sehingga siswa menjadi tidak termotivasi dalam belajar dan merasa bosan dengan suasana tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya suasana pembelajaran yang baru yang akan membuat siswa termotivasi untuk belajar dan hasilnya belajar pun ikut meningkat. Salah satu pembelajaran yang diyakini bisa mendorong motivasi siswa untuk belajar adalah pembelajaran problem possing. Pembelajaran ini diyakini sesuai dengan karakter siswa kelas VII SMP Islam Kesamben karena didalamnya terdapat diskusi kelompok yang melibatkan siswa sehingga siswa saling belajar bersama. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus belajar, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi subjek pengumpulan data pada penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Islam Hasanudin Kesamben Tahun Pelajaran 2007/2008. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi untuk memotivasi belajar dan tes untuk hasil belajar. Selanjutnya data akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I motivasi belajar siswa meningkat dari sebelum tindakan 34,88% menjadi cukup dan pada siklus II meningkat 67,42% dengan taraf keberhasilan baik: begitu pula hasil test tampak pada siklus I rata-rata diperoleh 57,07% meningkat dari sebelum tindakan hanya 42,78%. Sedangkan siklus II nilai rata-rata adalah 67,08%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajarn problem possing bisa meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Hasanudin Kesamben Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 09 Sep 2015 02:31
Last Modified: 09 Sep 2015 02:31
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/2144

Actions (login required)

View Item View Item