PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS IV MI SUNAN AMPEL NGADRI BINANGUN BLITAR

SAFITRI, DIYAH (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS IV MI SUNAN AMPEL NGADRI BINANGUN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
awal skripsi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas IV MI Sunan Ampel Ngadri Binangun Blitar” ini ditulis oleh Diyah Safitri, NIM. 3217113027, dibimbing oleh Dr. H. Nurkholis, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI), Hasil Belajar Siswa. Tujuan penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe team accelerated instruction (TAI) pada mata pelajaran aqidah akhlak pokok bahasan akhlak terpuji dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV MI Sunan Ampel Ngadri Binangun Blitar tahun ajaran 2014/2015. (2) Untuk memaparkan model pembelajaran kooperatif tipe team accelerated instruction (TAI) pada mata pelajaran aqidah akhlak pokok bahasan akhlak terpuji dapat meningkatkan kerjasama dan tanggung jawab siswa kelas IV MI Sunan Ampel Ngadri Binangun Blitar tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas. Proses pelaksanaannya sendiri meliputi: (1) Menyusun perencanaan (planning), (2) Melaksanakan tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing) dan (4) Refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa melalui pemahaman, kerja sama dan tanggung jawab siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa pada tes awal mendapatkan nilai rata-rata 55,29 dengan persentase ketuntasan 23,52%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa masih belum tuntas dalam belajar dan masih jauh dari kriterian ketuntasan minimal yaitu 70 %. Sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa 84,70 dengan persentase ketuntasan 70,58% dan siklus II nilai rata-rata siswa 88,52 dengan persentase ketuntasan 94,11%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team accelerated instruction (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas IV MI Sunan Ampel Ngadri Binangun Blitar tahun pelajaran 2014/2015

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: DIYAH SAFITRI
Date Deposited: 18 Nov 2015 03:35
Last Modified: 18 Nov 2015 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2138

Actions (login required)

View Item View Item