EFEKTIVITAS KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA TUNARUNGU DI SMALB B NEGERI TULUNGAGUNG

RIFATUL JANAH, 12305173006 (2021) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA TUNARUNGU DI SMALB B NEGERI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
EFEKTIVITAS KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA TUNARUNGU DI SMALB B NEGERI TULUNGAGUNG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Siswa tunarungu memiliki keterbatasan fisik untuk melakukan komunikasi antar personal, untuk itu perlu beradaptasi dengan berbagai gaya komunikasi baik verbal maupun nonverbal agar siswa tunarungu dapat berkomunikasi secara efektif. Objek penelitian ini adalah siswa tunarungu di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa B Negeri Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara secara langsung dan tidak langsung. Wawancara secara personal dilakukan untuk mengetahui kemampuan setiap siswa. Hasil penelitian yang dipaparkan secara deskriptif kualitatif menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan siswa tunarungu kepada guru dan sesama teman tunarungu lebih banyak menggunakan komunikasi secara nonverbal saat bertemu langsung dan menggunakan komunikasi verbal saat berkomunikasi secara tidak langsung, tergantung pada klasifikasi tingkat disabilitas setiap siswa. Temuan ini mengungkapkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan membutuhkan bantuan penuh dari orang tua dan guru di sekolah agar mendukung efektivitas komunikasi antara tunarungu dengan lingkungannya. Kata Kunci : Efektivitas, Verbal, Non Verbal, Tunarungu

Item Type: Skripsi
Subjects: Jurnal
Komunikasi Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Psikologi > Psikologi kepribadian
Psikologi > Psikologi pendidikan
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 12305173006 RIFATUL JANAH
Date Deposited: 25 Aug 2021 08:18
Last Modified: 25 Aug 2021 08:18
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/21362

Actions (login required)

View Item View Item