PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN, KOMPETENSI PEGAWAI, DAN PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KOTA KEDIRI (Studi Pada Badan Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Kediri)

PUTRI NURROHMAWATI, 12403173121 (2021) PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN, KOMPETENSI PEGAWAI, DAN PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KOTA KEDIRI (Studi Pada Badan Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, Kompetensi Pegawai, dan Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Kediri (Studi pada Badan Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Kediri)” ini ditulis oleh Putri Nurrohmawati, NIM. 12403173121, pembimbing Dedi Suselo, S.E., M.M. Laporan keuangan pemerintah daerah merupakan wujud dari pertanggungjawaban pemerintah daerah terhadap pengalokasian anggaran negara. Selain sesuai dengan standar untuk menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas didukung oleh beberapa faktor yaitu kompetensi pegawai dan sistem informasi akuntansi yang tersedia dalam badan pemerintahan tersebut. maka dari itu penelitian in bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintahan terhadap kualitas laporan keuangan pemeritah daerah Kota kediri (2) untuk mengetahui pengaruh kompetensi pegawai terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Kediri (3) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sistem informasi akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Kediri (4) untuk mengetahui pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintahan, kompetensi pegawai, dan pemanfaatan sistem informasi akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Kediri secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 42 responden yaitu pegawai pada bidang anggaran, akuntansi, dan verifikasi, serta bidang perbendaharaan pada Badan Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Kediri. Tahap selanjutnya, data kuesioner dianalisis dengan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, dan uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (1) penerapan standar akuntansi pemerintahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Kediri, (2) kompetensi pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Kediri, (3) pemanfaatan sistem informasi akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Kediri, (4) penerapan standar akuntansi pemerintahan, kompetensi pegawai, dan pemanfaatan sistem informasi akuntansi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Kediri. Kata Kunci: Standar Akuntansi Pemerintahan, Kompetensi Pegawai, Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > Manajemen Syariah
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: S1 12403173121 PUTRI NURROHMAWATI
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:35
Last Modified: 31 Aug 2021 06:35
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/21356

Actions (login required)

View Item View Item