KOMPETENSI SOSIAL GURU KELAS DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MIN 4 TULUNGAGUNG

FARIDATUL ANNISAK, 12205173118 (2021) KOMPETENSI SOSIAL GURU KELAS DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kompetensi Sosial Guru Kelas dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Faridatul Annisak, NIM 12205173118, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2021, Pembimbing Suwanto, M.S.I Kata Kunci: Kompetensi Sosial Guru, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi adanya tuntutan guru kelas yang harus memiliki kompetensi sosial dalam berkomunikasi, bergaul dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif. Jika hal tersebut dikuasai oleh guru, maka motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dan tujuan pembelajaran akan tercapai. Fokus penelitian ini adalah 1) Kompetensi sosial guru kelas dalam berkomunikasi secara santun untuk peningkatan motivasi belajar siswa MIN 4 Tulungagung, 2) Kompetensi sosial guru kelas dalam bergaul secara efektif untuk peningkatan motivasi belajar siswa MIN 4 Tulungagung, 3) Kompetensi sosial guru kelas dalam menggunakan teknologi komunikasi dan informasi untuk peningkatan motivasi belajar siswa MIN 4 Tulungagung. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendiskripsikan kompetensi sosial guru kelas dalam berkomunikasi secara santun untuk peningkatan motivasi belajar siswa MIN 4 Tulungagung, 2) Mendiskripsikan kompetensi sosial guru kelas dalam bergaul secara efektif untuk peningkatan motivasi belajar siswa MIN 4 Tulungagung, 3) Mendiskripsikan kompetensi sosial guru kelas dalam menggunakan teknologi komunikasi dan informasi untuk peningkatan motivasi belajar siswa MIN 4 Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan reverensi, dan mengadakan member check. Hasil penelitian ini: 1) Dalam berkomunikasi secara santun, guru menggunakan bahasa sehari-hari yang sederhana dan mudah untuk dipahami siswa. Kemudian dalam peningkatan motivasi belajar siswa cara guru adalah dengan memberikan ujian, memberikan tugas, pujian serta hadiah kepada siswa, 2) Guru menempatkan diri sebagai sahabat untuk menjadi pendengar yang baik untuk siswa. Guru juga mengembangkan hubungan dengan prinsip saling menghormati, mengembangkan hubungan berasakan asah, asih, dan asuh, 3) Guru memanfaatkan internet untuk menunjang pembelajaran. Internet digunakan guru untuk mencari materi. Selain itu guru menggunakan laptop sebagai media dalam menampilkan video di LCD proyektor.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173118 FARIDATUL ANNISAK
Date Deposited: 25 Aug 2021 08:02
Last Modified: 25 Aug 2021 08:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21352

Actions (login required)

View Item View Item