PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN 1 KOTA BLITAR

NUR HIDAYAH, 12201173084 (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (532kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (43kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (195kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai-nilai Religius Siswa melalui Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 1 Kota Blitar” ini ditulis oleh Nur Hidayah, NIM 12201173084, jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag,. Kata Kunci: Penanaman, Nilai Religius, Pembelajaran Daring Kenakalan remaja merupakan salah satu masalah yang sering terjadi di lingkup masyarakat, yang mana kebanyakan pelakunya seorang peserta didik. Hal ini terjadi karena kurangnya nilai religius pada diri mereka, ditambah lagi pembelajaran dilakukan secara daring. Oleh karena itu diperlukanlah penanaman nilai religius pada diri mereka. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 1 Kota Blitar yang membahas tentang bagaimana cara pendidik menanamkan nilai religious pada diri peserta didik dalam pembelajaran daring agar tujuan pembelajaran tetap tercapai. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana cara penanaman nilai religius sikap tanggung jawab siswa melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTsN 1 Kota Blitar? (2) Bagaimana cara penanaman nilai religius sikap disiplin siswa melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTsN 1 Kota Blitar? (3) Bagaimana cara penanaman nilai religius sifat jujur siswa melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTsN 1 Kota Blitar? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan cara penanaman nilai religius sikap tanggung jawab siswa melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTsN 1 Kota Blitar. (2) Untuk mendiskripsikan cara penanaman nilai religius sikap disiplin siswa melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTsN 1 Kota Blitar. (3) Untuk mendiskripsikan cara penanaman nilai religius sifat jujur siswa melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTsN 1 Kota Blitar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumen. Tahap analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi, keikutsertaan peneliti, ketekunan peneliti dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penanaman sikap tanggung jawab siswa meliputi pengerjaan tugas yang diberikan guru pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Cara untuk menanamkannya dengan memberikan ultimatum dan mengingatkan siswa. Hambatan yang dilalui yaitu adanya faktor internal siswa dan kurangnya fasilitas penunjang pembelajaran daring. Adapun solusi yang digunakan yakni peringatan dari guru, pelaporan pada BP dan wali kelas, home visit hingga pemanggilan siswa dan wali murid. (2) Penanaman sikap disiplin siswa dapat atau nampak dalam lingkup keluarga dan saat proses pembelajaran berlangsung. Cara untuk menanamkannya dengan keteladanan seorang guru dan pemberian batasan waktu. Hambatan yang dilalui yaitu faktor internal siswa dan akses internet yang terkadang tidak menentu. Adapaun solusi yang dapat dilakukan yaitu mengingatkan siswa akan pentingnya sikap tersebut, penambahan materi tentang sikap disiplin dan pemberian ultimatum. (3) Penanaman sifat jujur siswa nampak dalam lingkup keluarga, berorganisasi dan sekolah seperti berusaha tidak menyontek saat ujian. Cara untuk menanamkan dengan penggunaan catatan berupa cek list nama siswa yang telah mengerjakan tugas. Hambatan yang dilalui adanya kesulitan dalam menilai kejujuran siswa. Adapun solusi yang dapat digunakan dengan melihat pola bahasa dari hasil pengerjaan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Hidayah
Date Deposited: 25 Aug 2021 07:11
Last Modified: 25 Aug 2021 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21350

Actions (login required)

View Item View Item