PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTSN 5 TULUNGAGUNG

AUFA NUR FAHMIDAH, 12209173093 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTSN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (635kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (486kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (913kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (659kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengembangan Bahan Ajar E-modul Interaktif Berbasis Flip PDF Professional Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Aufa Nur Fahmidah, NIM. 12209173093, pembimbing Dr. Dwi Astuti Wahyu Nurhayati.,S.S.,M.Pd. Kata kunci :Pengembangan, Bahan Ajar, E-modul,Interaktif, Flip PDF Professional Penelitian ini dilatar belakangi belum maksimalnya siswa dalam memahami materi IPS dengan model pembelajaran saat ini yaitu menggunakan buku cetak dan media power point. Kegiatan pembelajaran yang monoton tersebut cenderung mengakibatkan siswa merasa bosan. Permasalahan bertambah ketika pembelajaran dilakukan secara online yaitu minat belajar siswa berkurang dan menurunnya hasil belajar siswa. Siswa juga merasa salah satu faktor minat dan hasil belajarnya menurun dikarenakan guru tidak menyampaikan atau menuntun langsung kegiatan pembelajaran seperti halnya pembelajaran dikelas. Berdasarkan temuan permasalahan yang muncul peneliti berusaha melakukan inovasi baru yaitu mengembangkan bahan ajar interaktif. Rumusan masalah dari riset ini adalah (1) Bagaimanakah pengembangan e-modul interaktif berbasis Flip PDF Professional sebagai bahan ajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di MTsN 5 Tulungagung? (2) Bagaimanakah tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan penggunaan e-modul interaktif berbasis Flip PDF Professional sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Kelas VIII di MTsN 5 Tulungagung ?. Riset bertujuan (1) agar memahami bagaimana proses dikembangkannya suatu bahan pembelajaran modul elektronik yang bersifat interaktif dengan memanfaatkan aplikasi Flip PDF Professional, dalam rangka menumbuhkan dan meningkatkan prestasi belajar siswa di mata pelajara VIII MTsN 5 Tulungagung (2) Untuk melihat tingkat kevalidan atau kelayakan menurut expert judment, mengetahui tingkat kepraktisan bahan ajar yang dibuat, dan mengukur keefektifan penggunaan bahan pembelajaran e modul interaktif dengan menggunakan software Flip PDF Professional pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di MTsN 5 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Proses R&D ini mengadopsi model ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran MTsN 5 Tulungagung dan Kategori VIII. Data penelitian ini dapat diperoleh melalui analisis pendahuluan, angket verifikasi, angket respon siswa, tabel observasi aktivitas siswa, nilai pre-test dan post-test. Hasil uji validasi ahli media menunjukkan kriteria valid dengan persentase 88% dan hasil validasi ahli materi menunjukkan kategori valid rata-rata persentase 85,98%. Hasil uji kepraktisan memenuhi kriteria kepraktisan, yaitu hasil angket respon peserta didik bahwa produk praktis untuk digunakan. Validator mengatakan media dapat digunakan tanpa atau dengan revisi, nilai ketuntasan hasil belajar peserta didik lebih dari 75% yaitu 83,3% serta analisis pengamatan aktivitas peserta didik dengan persentase 14,95% menunjukkan media praktis digunakan. Hasil uji keefektifan media dengan uji hipotesis menggunakan Paired Sample Test data hasil tes diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,000. Karena nilai sig.(2-tailed) kurang dari taraf signifikansi = 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar e-modul interaktif berbasis Flip PDF Professional. Hasil ini terbukti dari nilai-nilai rata-rata pretest < postest yaitu 74,2 < 83,9. Dengan demikian media pembelajaran dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209173093 Aufa Nur Fahmidah
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:21
Last Modified: 15 Nov 2021 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21328

Actions (login required)

View Item View Item