ANALISIS STRATEGI WISATA EDUKASI KAMPUNG COKLAT DALAM MELAKUKAN PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS

NIMAS DIAYU MAWANGI, 17402163545 (2021) ANALISIS STRATEGI WISATA EDUKASI KAMPUNG COKLAT DALAM MELAKUKAN PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (526kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (380kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Wisata Edukasi Kampung Coklat dalam Melakukan Pengembangan Potensi Pariwisata untuk Menghadapi Persaingan Bisnis” ini ditulis oleh Nimas Diayu Mawangi, NIM. 17402163545, Pembimbing Dr. Sutopo, M. Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh potensi yang ada di tempat wisata dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi kreatif guna menghadapi persaingan bisnis. Maka industri pariwisata perlu memperhatikan pengembangan potensi pariwisata yaitu Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar yang menggunkan strategi pengembangan potensi pariwisata dengan pendekatan perencanaan terdiri dari strategi indutri, strategi destinasi, strategi pemasaran, dan strategi kelembagaan. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pengembangan potensi wisata edukasi kampung coklat dalam menghadapi persaingan bisnis? (2) Apa saja faktor pendukung dan kendala yang dihadapi ketika melakukan pengembangan Wisata Edukasi Kampung Coklat? (3) Bagaimana dampak perekonomian masyarakat sekitar dengan adanya Wisata Edukasi Kampung Coklat? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Wisata Edukasi Kampung Coklat dalam melakukan pengembangan potensi pariwisata untuk menghadapi persaingan bisnis, mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor kendala yang di hadapi ketika melakukan pegembangan Wisata Edukasi Kampung Coklat, serta mendeskripsikan dampak perekonomian masyarakat sekitar dengan adanya Wisata Edukasi Kampung Coklat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di obyek Wisata Edukasi Kampung Coklat menunjukkan bahwa 1) Strategi yang dilakukan Wisata Edukasi Kampung Coklat dalam mengembangkan potensi pariwisata meliputi strategi industri yaitu hasil produk, strategi destinasi yaitu wisata edukasi, strategi pemasaran melalui media sosial, dan strategi kelembagaan memberikan pengetahuan dan penelitian. 2) faktor pendukungnya terletak pada pengembangan berbagai macam produk, mengadakan inovasi, strategi pemasaran melalui media sosial, serta mendapat dukungan dari masyarakat serta pemerintah daerah. Sedangkan faktor kendalanya yaitu lahan kurang luas, penyalah gunaan media sosial, dan kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas. 3) Dampak perekonomian masyarakat dengan adanya Wisata Edukasi Kampung Coklat yaitu Sektor Wisata Edukasi Kampung Coklat ini dapat dikatakan memiliki peran yang sangat penting bagi peningkatan pendapatan masyarakat dan kesempatan kerja. Sebagian besar masyarakat sekitar lokasi obyek Wisata Edukasi Kampung Coklat melalkukan kegiatan ekonomi di wisata ini. Kata Kunci : Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata, Wisata Edukasi Persaingan Bisnis, Kampung Coklat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163545 NIMAS DIAYU MAWANGI
Date Deposited: 25 Aug 2021 05:53
Last Modified: 25 Aug 2021 05:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21325

Actions (login required)

View Item View Item