PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONSEP SUPERITEM DAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI GEOMETRI

SEPTI PUSPITA RINI, 12204173253 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONSEP SUPERITEM DAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI GEOMETRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Konsep Superitem dan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Geometri” ditulis oleh Septi Puspita Rini, NIM. 12204173253, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Konsep Superitem, Media Pembelajaran Interaktif, Pemecahan Masalah Matematis. Permasalahan merupakan suatu persoalan yang selalu dihadapi oleh setiap manusia baik secara individu maupun non individu. Untuk itu kemampuan pemecahan masalah penting dibutuhkan untuh menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Melatih keterampilan pemecahan masalah pada peserta didik sangat penting dilakukan guna meningkatkan keterampilan pemecahan masalah mereka dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satu penerapan yang dapat dilakukan adalah dengan mengaitkan dalam pembelajaran matematik. Namun dikarena adanya pandemi covid-19, dimana salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran virus ini adalah dengan melakukan pembatasan interaksi dengan menerapkan Work Form Home (WFH). Oleh karena itu banyak sekolah yang mengharuskan pembelajaran secara daring mupun home visit jika memenuhi syarat. Sehingga dibutuhkan strategi baru, untuk memberikan inovasi dalam pembelajaran daring agar tidak monoton, salah satu caranya adalah dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Konsep Superitem dan Media Pembelajaran Interaktif dimasa pandemi ini mampu memberikan pembelajaran yang lebih berwarna kepada siswa salah satunya pada mata pelajaran matematika. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan konsep superitem dan Media Pembelajaran Interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi geometri. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan konsep superitem dan Media Pembelajaran Interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi geometri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang termasuk jenis eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri I Wates tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 10 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga sampel kelas adalah adalah kelas VII A-VII F sebanyak 60 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan konsep superitem dan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi geometri. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample t Test dengan alat bantu aplikasi statistic SPSS versi 25, diperoleh nilai signifikan 0,028. Dengan α=0,05 maka nilai signifikan tersebut kurang dari 0,05 maka H0 ditolak. (2) Besar pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan konsep superitem dan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi geometri yaitu 73%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika > Geometri
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173253 SEPTI PUSPITA RINI
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:25
Last Modified: 25 Aug 2021 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21323

Actions (login required)

View Item View Item