PENILAIAN AUTENTIK PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK (Studi Kasus di MI Tarbiyatul Islamiyah Desa Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung)

KHARISMA NUR MALINDA SARI, 12205173085 (2021) PENILAIAN AUTENTIK PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK (Studi Kasus di MI Tarbiyatul Islamiyah Desa Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penilaian Autentik Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Tematik (Studi Kasus di MI Tarbiyatul Islamiyah Desa Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Kharisma Nur Malinda Sari, NIM 12205173085. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Ahmad Tanzah, M.Pd.I. Kata kunci : Penilaian Autentik, Pembelajaran Daring. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan secara daring atau dalam jaringan yang dilaksanakan di rumah. Secara otomatis penilaianpun juga dilakukan dengan daring. Pelaksanaan penilaian autentik daring ini kurang efektif karena guru tidak dapat mengamati dan menilai secara langsung proses belajar siswa. Untuk itu diperlukan pemilihaan teknik penilaian autentik yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penilaian autentik yang berbeda dengan penilaian tatap muka yang dapat meningkatkan kompetensi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini: (1) Bagaimana perencanaan penilaian autentik dalam pembelajaran daring mata pelajaran tematik di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran daring mata pelajaran tematik di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi hasil penilaian autentik dalam pembelajaran daring mata pelajaran tematik di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan tiga tahapan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi, dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil temuan dari penelitian Ini: (1) perencanaan penilaian autentik yakni: (a) penyusunan RPP pembelajaran daring, (b) penyusunan penilaian autentik berdasarkan RPP daring, (c) penggunaan buku pedoman masa pandemi, (d) penggunaan multisumber belajar. (2) pelaksanaan penilaian autentik yakni: (a) pelaksanaan penilaian autentik kompetensi sikap, (b) pelaksanaan penilaian autentik kompetensi pengetahuan, (c) pelaksanaan penilaian autentik kompetensi ketrampilan. (3) evaluasi hasil penilaian autentik yakni: (a) pemberian nilai/skor pada penilaian autentik kompetensi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. (b) guru membimbing siswa selama pembelajarn daring, (c) tindak lanjut dari hasil penilaian autentik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173085 KHARISMA NUR MALINDA SARI
Date Deposited: 25 Aug 2021 02:23
Last Modified: 25 Aug 2021 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21308

Actions (login required)

View Item View Item