STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SDIT EMPAT MEI PARE

BERLIAN NINDYA PERMANA, 12205173066 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SDIT EMPAT MEI PARE. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran di SDIT Empat Mei Pare” ini ditulis olehBerlian Nindya Permana, NIM 12205173066, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung yang di bimbngoleh Bapak Dr. H. Nur Kholis, S.Ag., M.Pd Proses pembelajaran tidak terlepas dari startegi guru yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran, yang mampu meningkatkan kreativitas belajar siswanya. Kreativitas merupakan faktor yang penting untuk dihayati perkembangannya karena berpengaruh pada kehidupan sehari-hari. Kreativitas belajar siswa mengarah pada kelancaran, keluwesan dalam berpikir dan melakukan sesuatu, guna memperoleh hal-hal yang bermakna bagi dirinya. Kreativitas belajar juga berpengaruh paa kondisi belajar siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Komponen yang berpengaruh untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa salah satunya yaitu penggunaan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran berpengaruh pada proses belajar mengajar karena sangat membantu guru dalam menyampaikan materi dan memudahkan siswa memahami materi yang telah disampaikan oleh guru, sehingga kreativitas belajar siswa juga dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah 1). Mengetahui jenis-jenis kreativitas belajar siswa yang dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan media pembelajaran. 2). Mengetahui media paling efektif digunakan guru dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa. 3). Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa melalui pemanfaatan media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verikvikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi, memperpanjang pengamatan, dan, ketekunan pengamaran. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1). Jenis kreativitas yang dapat ditingkatkan melalui media pembelajaran adalah kreativitas menulis, berbicara, dan motorik. 2). Media yang paling efketif digunakan guru dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa adalah media mind mapping, power point, Alat Permainan Edukatif (APE), dan video pembelajaran (audio visual). 3). Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam meningkatkan kreativitas belajar adalah peran guru dan orang tua, motivasi, pemberian reward, dan lingkungan belajar yang kondusif. Kata Kunci: Strategi Guru, Kreativitas Belajar, Media Pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173066 Berlian Nindya Permana
Date Deposited: 25 Aug 2021 02:38
Last Modified: 25 Aug 2021 02:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21303

Actions (login required)

View Item View Item