STRATEGI GURU DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SDI AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG

APRILIA NUR FIRDIANA, 12205173138 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SDI AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menanggulangi Kenakalan Peserta Didik melalui Pembelajaran Jarak Jauh di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Aprilia Nur Firdiana, NIM. 12205173138, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2021 dosen pembimbing: Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil. l. Kata kunci : Strategi Guru, Menanggulangi Kenakalan Peserta Didik, Pembelajaran Jarak Jauh. Penelitian dengan judul “Strategi Guru dalam Menanggulangi Kenakalan Peserta Didik melalui Pembelajaran Jarak Jauh di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” ini dilatari oleh adanya fenomena yang terjadi pada saat pembelajaran jarak jauh, yaitu banyak peserta didik yang tidak mengerjakan dan mengumpulkan tugas dari gurunya. Lebih dari itu, tugas yang telah diberikan guru, tidak dikerjakan sendiri, tetapi dikerjakan oleh orang tuanya. Selain itu, keterlambatan pengiriman tugas kepada guru, menjadi sesuatu yang biasa dilakukan oleh peserta didik. Penelitian ini bermaksud untuk menggali lebih dalam strategi guru dalam menanggulangi kenakalan peserta didik pada pembelajaran jarak jauh di masa Pandemi Covid- 19 ini, terutama di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Alasan pemilihan sekolah ini sebagai fokus penelitian adalah karena guru di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung memiliki strategi yang cukup jitu untuk menanggulangi kenakalan peserta didiknya selama kegiatan pembelajaran jarak jauh di masa Pandemi ini. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi preventif guru dalam menanggulangi kenakalan peserta didik melalui pembelajaran jarak jauh di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana strategi represif guru dalam menanggulangi kenakalan peserta didik melalui pembelajaran jarak jauh di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana strategi kuratif guru dalam menanggulangi kenakalan peserta didik melalui pembelajaran jarak jauh di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini menggunakan studi kasus dengan lokasi penelitian di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Data penelitian ini menggunakan sumber data yaitu narasumber (informan), peristiwa (aktivitas), dan dokumen (arsip). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan kondensasi data, display data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu dengan triangulasi, ketekunan pengamatan dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi preventif guru dalam menanggulangi kenakalan peserta didik melalui pembelajaran jarak jauh di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung, yaitu guru menasehati dan sering berkomunikasi dengan peserta didik dan wali murid, guru memberikan umpan balik secara langsung agar siswa merasa bahwa tugas-tugas yang dikerjakan dihargai sehingga dapat menumbuhkan semangat belajar ketika melihat nilai yang telah dicapai, guru mengingatkan peserta didik supaya segera mengirimkan tugas. (2) Strategi represif guru dalam menanggulangi kenakalan peserta didik melalui pembelajaran jarak jauh di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung yaitu: Guru memberi teguran dan peringatan nilainya di rapor kurang bagus dan tidak naik kelas. Guru mengingatkan peserta didik agar mematuhi langkah-langkah pembelajaran dengan melihat tayangan video pembelajaran yang berisi penjelasan materi dari guru. (3) Strategi kuratif guru dalam menanggulangi kenakalan peserta didik melalui pembelajaran jarak jauh di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung yaitu: Guru melakukan panggilan melalui zoom atau video call untuk menjelaskan materi yang dianggap peserta didik sulit, guru mengingatkan kembali tentang kejujuran dan kepercayaan, guru menegur dan menasehati bahwa apa yang dilakukannya tidak baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173138 APRILIA NUR FIRDIANA
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:14
Last Modified: 23 Aug 2021 04:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21298

Actions (login required)

View Item View Item