STRATEGI PEMBELAJARAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS 3 DI MI RIYADLATUL ULUM TRENGGALEK

ELVA LAILATUN NAFI'AH, 12205173053 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS 3 DI MI RIYADLATUL ULUM TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (496kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (841kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

Skripsi dengan judul ”Strategi Pembelajaran E-learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Siswa Kelas 3 di MI Riyadlatul Ulum Trenggalek” ini ditulis oleh Elva Lailatun Nafi’ah, NIM. 12205173053, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dosen pembimbing Dr. H. M. Muntahibun Nafis, M. Ag. Kata Kunci : Pembelajaran E-learning, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengembangan pembelajaran e-learning yang merupakan suatu hal yang alternatif untuk meningkatkan standar mutu pendidikan. Pembelajaran e-learning merupakan suatu pemanfaatan teknologi internet yang dalam pengelolaan pembelajaran yang jangkauannya sangat luas dan mendunia. Prestasi belajar siswa ditentukan oleh faktor bagaimana cara guru untuk mengajar, dengan cara pendekatan dan metode yang harus sesuai dengan penyampaian materi serta sarana atau alat bantu mengajar yang digunakan untuk proses pembelajaran. MI Riyadlatul Ulum Trenggalek ini dalam pembelajaran e-learning sudah menguasai dan prestasi belajar siswa semuanya meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan perencanaan pembelajaran e-learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 3 MI Riyadlatul Ulum Trenggalek pada pembelajaran Fiqih, 2) Mendiskripsikan penerapan pembelajaran e-learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 3 MI Riyadlatul Ulum Trenggalek pada pembelajaran Fiqih, 3) Mendiskripsikan sistem evaluasi pembelajaran e-learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 3 MI Riyadlatul Ulum Trenggalek pada pembelajaran Fiqih. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini berlokasi di MI Riyadlatul Ulum Trenggalek. Hasil dari penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran e-learning ini meliputi: pertama, menyiapkan perangkat teknologi seperti pembuatan video, youtobe, dan link e-learning, kedua, menyiapkan materi pembelajaran dengan menyesuaikan RPP madrasah. (2) Penerapan e-learning meliputi: pertama, memberikan link pembelajaran e-learning kepada setiap siswa, kedua, mengirimkan materi ke link pembelajaran e-learning dan menempelkan link youtobe ke e-learning kemudian siswa mendownload materi yang sudah dikirimkan. (3) Evaluasi pembelajaran e-learning mempunyai tahapan pengevaluasian yaitu: pertama, evaluasi terhadap guru, kedua, peserta didik dan materi, ketiga, evaluasi bahan ajar dan metode pembelajaran (tugas, quize, UTS, UAS)

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Fiqih > Ibadah Sunnah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173053 ELVA
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:16
Last Modified: 23 Aug 2021 04:16
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/21278

Actions (login required)

View Item View Item