ANALISIS PERMASALAHAN GURU MATA PELAJARAN FIQIH KELAS III MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO DALAM SISTEM PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) TAHUN PELAJARAN 2020-2021

ASTRI FIRANTI, 12205173225 (2021) ANALISIS PERMASALAHAN GURU MATA PELAJARAN FIQIH KELAS III MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO DALAM SISTEM PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) TAHUN PELAJARAN 2020-2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (835kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Permasalahan Guru Mata Pelajaran Fiqih Kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo dalam Sistem Pembelajaran Daring (dalam jaringan) Tahun Pelajaran 2020-2021” ini ditulis oleh Astri Firanti, NIM. 12205173225. Pembimbing Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata Kunci: Permasalahan Guru, Mata Pelajaran Fiqih, dan Sistem Pembelajaran Daring Pandemi Covid-19 membuat pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara langsung kini dialihkan menjadi pembelajaran secara daring. Metode pembelajaran daring yang baru, membuat guru dan siswa menemui permasalahan ketika melakukan penyesuaian dalam proses belajar mengajar. Permasalahan inilah yang dihadapi oleh guru fiqih kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan ketika melakukan pembelajaran fiqih secara daring. Permasalahan yang ditemui seperti pembelajaran daring yang monoton membuat siswa menjadi jenuh dan bosan. Hal inilah yang membuat siswa sulit memahami pembelajaran fiqih yang disampaikan oleh guru. Fokus penelitian ini adalah Analisis Permasalahan Guru Mata Pelajaran Fiqih Kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo dalam Sistem Pembelajaran Daring (dalam jaringan) Tahun Pelajaran 2020-2021. Berdasarkan fokus penelitian tersebut, dijabarkan menjadi pertanyaan penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana langkah guru dalam pembelajaran fiqih kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan dengan sistem daring?, 2) Faktor apa saja yang menghambat keberhasilan pembelajaran fiqih kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan dengan sistem daring?, 3) Apa saja solusi yang dapat dilakukan guru mata pelajaran fiqih kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan dengan sistem daring? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan langkah guru dalam pembelajaran fiqih kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan dengan sistem daring. (2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menghambat keberhasilan pembelajaran fiqih kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan dengan sistem daring. (3) Untuk mendeskripsikan solusi yang dapat dilakukan guru mata pelajaran fiqih kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan dengan sistem daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini ada guru fiqih di MI Miftahul Huda Banjarejo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Langkah guru dalam pembelajaran fiqih dengan sistem daring yaitu setiap guru harus mempersiapkan materi yang akan diberikan kepada siswa terlebih dahulu agar lebih sistematis dan terencana guna untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan maksimal. Dengan persiapan dan perencanaan pembelajaran jadwal belajar siswa akan terarah dengan baik walaupun pembelajaran itu dilakukan secara daring. Pembelajaran secara daring dilakukan menggunakan aplikasi WhatsApp. Aplikasi WhatsApp digunakan oleh guru karena lebih familiar untuk orang tua ataupun pendamping peserta didik. Sebelum memulai pembelajaran siswa dimasukkan ke dalam grup WhatsApp. Setelah semua masuk ke dalam grup WhatsApp pembelajaran siap dimulai. Grup WhatsApp dijadikan sarana pengiriman tugas. Video pembelajaran dan ice breaking juga merupakan faktor pendukung selama pandemi karena video tersebut dapat mempermudah anak-anak memahami materi. Jika siswa belum paham guru akan menjelaskan kembali melaui pesan suara. (2) Faktor yang menghambat keberhasilan pembelajaran fiqih kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo dengan sistem daring yaitu handphone merupakan alat utama yang digunakan oleh guru selama proses pembelajaran daring. Disamping itu karena mengakses dan menyampaikan materi juga memerlukan koneksi internet, jadi memerlukan paket data. Selain handphone dan paket data yang menunjang berhasilnya pembelajaran fiqih dengan sistem daring adalah buku mata pelajaran. (3) Solusi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran fiqih kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo dengan sistem daring adalah melakukan kerja sama antara guru fiqih serta kerabat di daerah masing-masing dan juga menghimbau teman sejawatnya yang sudah bisa pada pelajaran fiqih supaya membantu teman lainnya yang belum bisa dalam pelajaran fiqih.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Fiqih > Ibadah Sunnah
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173225 Astri Firanti
Date Deposited: 23 Aug 2021 03:32
Last Modified: 23 Aug 2021 03:32
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/21250

Actions (login required)

View Item View Item