STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK

LELY YULIA SAVITRI, 12207173072 (2021) STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Sekolah dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Lely Yulia Savitri, NIM 12207173072, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Insitut Agama Islam Negeri Tulungagung, dan di bimbing oleh Ibu Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Pemasaran Sekolah, Citra Penelitian ini membahas tentang pemasaran sekolah dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek. Sekolah akan diminati banyak masyarakat apabila memiliki citra yang positif. Penelitian ini di latarbelakangki oleh banyaknya minat masyarakat Trenggalek yang ingin menyekolahkan putra-putrinya di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek. Yang mana madrasah ini memiliki strategi pemasaran yang baik dalam proses pemasaran sekolah. Sehingga berpengaruh terhadap respon masyarakat terhadap madrasah ini. Tujuan pemasaran sekolah ini untuk meningkatkan minat calon peserta didik terhadap madrasah. Fokus masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana formulasi pemasaran sekolah dalam meningkatkan citra di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek ?, (2) Bagaimana implementasi pemasaran sekolah dalam meningkatkan citra di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek?, (3) Bagaimana evaluasi pemasaran sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek?. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui formulasi pemasaran sekolah dalam meningkatkan citra di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek, (2) untuk mengetahui implementasi pemasaran sekolah dalam meningkatkan citra di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek, (3) untuk mengetahui evaluasi pemasaran sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek. Penelitian ini bermanfaat bagi sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahwan masukan dan pertimbangan dalam upaya mengelola dan menyempurnakan peran strategi pemasaran sekolah dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subyek penelitian adalah Kepala sekolah, Waka humas, Komite sekolah. Dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu menggunaka analisis data kualitatis dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) formulasi pemasaran sekolah dalam meningkatakan citra di MTsN 1 Trenggalek; a) Merumuskan dan menetapkan visi, misi dan tujuan lembaga. b) Melakukan segmentasi pasar. c) Membuat program MIPA. d) Melakukan strategi pembiayaan. e) Melakukan promosi. f) Memilih lokasi madrasah yang strategis. g) Meningkatkan sumber daya manusia. h) Meningkatkan kualitas lulusan. i) Menyediakan sarana prasarana yang memadai. j) Memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. k) Berupaya untuk memperbanyak kerjasama. 2) Implementasi pemasaran sekolah dalam meningkatkan citra di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek; a) Melaksanakan Program MIPA. b) Melakukan promosi. c) Menyelenggarakan ajang kompetisi. d) Melakukan pembiasaan. e) Meningkatkan kegiatan ekstrakulikuler.f) Memperbanyak kerjasama.g) Menunjukkan kualitas lulusan. h) Melakukan koordinasi dalam pelaksanaan segala kegiatan. 3) Evaluasi pemasaran sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek; a) Melakukan rapat evaluasi setiap sektor kegiatan. b) Evaluasi prestasi produk siswa. c) Melakukan tinjauan minat masyarakat terhadap madrasah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 12207173072 LELY YULIA SAVITRI
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:40
Last Modified: 07 Sep 2021 03:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21242

Actions (login required)

View Item View Item