IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAMBAUL HISAN ALMUKARRAM WLINGI KABUPATEN BLITAR

MUCHAMAD ALFAN YUNAIDI, 12201173267 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAMBAUL HISAN ALMUKARRAM WLINGI KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstract

Skripsi dengan judul ―Implementasi Pembelajaran Kitab Ta‘limul Muta‘allim Dalam Pembentukan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Mamba‘ul Hisan Al-Mukarram Wlingi Kabupaten Blitar‖ ini ditulis oleh Muchamad Alfan Yunaidi, NIM 12201173267, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN), Tahun 2021, Dosen Pembimbing: Moh. Mashudi, M. Pd. I. Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Kitab Ta’limul Muta’allim, Akhlak Santri Akhlak merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap pencari ilmu agar mendapatkan ilmu yang bermanfaaat dan barokah. Namun, akhir-akhir ini banyak para pencari ilmu yang seakan-akan kehilangan kesungguhan dan mulai melupakan akhlak maupun adab dalam mencari ilmu. Hal ini terlihat dari beberapa kasus yang berhubungan dengan pelajar, seperti tawuran, menantang guru, nongkrong ketika jam sekolah dan masih banyak lagi kasus lain. Dari sini penanaman akhlak pada siswa penting untuk dilaksanakan kembali. Kitab Ta‘limul Muta‘allim merupakan salah satu kitab yang di dalammnya membahas tentang akhlak-akhlak yang harus dimiliki oleh seorang pelajar atau pencari ilmu untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan barokah. Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah perencanaan implementasi pembelajara kitab Ta‘limul Muta‘allim dalam pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren Mambaul Hisan Al-Mukarram Wlingi Kabupaten Blitar?; 2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran kitab Ta‘limul Muta‘allim dalam pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren Mamba‘ul Hisan AlMukarram Wlingi Kabupaten Blitar?; dan 3) Bagaimanakah evaluasi implementasi pembelajaran kitab Ta‘limul Muta‘allim dalam peningkatan akhlak santri di Pondok Pesantren Mamba‘ul Hisan Al-Mukarram Wlingi Kabupaten Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan tentang perencanaan implementasi pembelajaran kitab Ta‘limul Muta‘allim dalam pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren Mamba‘ul Hisan Al-Mukarram Wlingi Kabupaten Blitar; 2) Untuk menjelaskan tentang pelaksanaan pembelajaran kitab Ta‘limul Muta‘allim dalam pembentukan akhlak santri di pondok Pesantren Mamba‘ul Hisan Al-Mukarram Wlingi Kabupaten Blitar; dan 3) Untuk menjeskan tentang evaluasi implementasi pembelajaran kitab Ta‘limul Muta‘allim di Pondok Pesantren Mamba‘ul Hisan Al-Mukarram Wlingi Kabupaten Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan peneliti sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, interview/wawancara, dan dokumentasi. Prosess analisis datanya adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data.pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran kitab Ta‘limul Muta‘allim di pondok pesantren ini merupakan salah satu muatan local (mulok). xiv Sehingga perencanaannya sendiri tidak begitu detail. Selain itu pemilihan ustadz juga menjadi hal yang penting, karena selain sebagai pengajar sosok ustadz juga dijadikan contoh langsung dalam penerapan isi dari kitab Ta‘limul Muta‘allim. 2) Pelaksanaan pembelajaran kitab Ta‘limul Muta‘allim menggunakan metode khas pesantren, yakni metode bandongan. Ustadz yang mengajar kitab Ta‘liul Muta‘allim tidak mengalami kesulitan dalam pelaksanaannya, namun ada beberapa santri mengalami beberapa kesulitan. Adapun akhlak santri di Pondok Pesantren Mamba‘ul Hisan Al-Mukarram ini bisa dikatakan sudah mengalami peningkatan menjadi lebih baik. Hal ini terlihat dari akhlak dan adab mereka dalam keseharian, baik di lingkungan pondok maupun di sekolah formal. 3) Evaluasi dan penilaiannya tidak menggunakan ujian, namun lebih pada penilaian langsung terhadap akhlak para santri. Sehingga waktu untuk evaluasi dan penialiannya dapat dilakukan setiap saat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfan Yunaidi
Date Deposited: 20 Aug 2021 07:20
Last Modified: 20 Aug 2021 07:20
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/21157

Actions (login required)

View Item View Item