STRATEGI USTADZ MADRASAH DINIYAH DALAM MEMBINA KECERDASAN SPIRITUAL MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI IAIN TULUNGAGUNG

DELLA MEILANI FATIMAH SOEHARTONO, 12201173397 (2021) STRATEGI USTADZ MADRASAH DINIYAH DALAM MEMBINA KECERDASAN SPIRITUAL MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI IAIN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Ustadz Madrasah Diniyah dalam Membina Kecerdasan Spiritual Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19 di IAIN Tulungagung”. Skripsi ini ditulis oleh Della Meilani Fatimah Soehartono NIM 12201173397 Jurusan Pendidikan Agama Islam, Faklutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh: Zainudin, S.Ag, M.Pd.I Kata kunci: Strategi ustadz, kecerdasan spiritual, mahasiswa, pandemi covid-19 Seorang pendidik yang menyandang gelar ustadz memberikan gambaran bahwa orang tersebut memiliki banyak ilmu agama yang erat kaitannya dengan dimensi spiritual. Madrasah diniyah sebagai salah satu pembelajaran keagamaan, menjadi program untuk membina kecerdasan spiritual oleh ustadz kepada peserta didik agar tidak mudah terkena dampak negatif dari lingkungan dan era digital yang semakin berkembang. Program ini pertama kali dilaksanakan di IAIN Tulungagung. Meskipun kondisi pandemi covid-19, madrasah diniyah ini tetap dilaksanakan. Setiap ustadz membutuhkan strategi dalam mengajar yang sesuai dengan kondisi pandemi, agar pembinaan kecerdasan spiritual pada mahasiswa tetap tersampaikan. Fokus penelitian, yaitu: 1) Bagaimana strategi Ustadz madrasah diniyah dalam membina kecerdasan spritual mahasiswa pada masa pandemi covid-19 di IAIN Tulungagung. 2) Bagaimana hambatan strategi Ustadz madrasah diniyah dalam membina kecerdasan spiritual mahasiswa pada masa pandemi covid-19 di IAIN Tulungagung. 3) Bagaimana dampak strategi Ustadz dalam membina kecerdasan spiritual mahasiswa pada masa pandemi covid-19 di IAIN Tulungagung. Tujuan penelitian, yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi Ustadz madrasah diniyah dalam membina kecerdasan spiritual mahasiswa pada masa pandemi covid-19 di IAIN Tulungagung. 2) Untuk mengetahui hambatan Ustadz madrasah diniyah dalam membina kecerdasan spiritual mahasiswa pada masa pandemi covid-19 di IAIN Tulungagung. 3) Untuk mengetahui dampak strategi Ustadz madrasah diniyah dalam membina kecerdasan spiritual mahasiswa pada masa pandemi covid-19 di IAIN Tulungagung. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian terletak di IAIN Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan empat kriteria yaitu, kepercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian, yaitu: 1) strategi ustadz madrasah diniyah dalam membina kecerdasan spiritual mahasiswa pada masa pandemi covid-19 adalah: xvi melalui daring dengan aplikasi di android, memberikan motivasi dan nasihat, pembiasaan yang baik dan keteladanan, dan menyampaikan materi keagamaan yang telah ditentukan. 2) hambatan Ustadz madrasah diniyah adalah: susah sinyal dan kesulitan membeli paketan data, mahasiswa kurang semangat dan bandel, serta keterbatasan waktu dan pengawasan. 3) dampak strategi Ustadz madrasah diniyah adalah: mahasiswa menjadi rajin bangun pagi, mandiri, terbiasa mengawali belajar dengan berdoa, berpakaian sopan dan wudhu sebelum mengaji, bertanggung jawab, memiliki sifat sabar dan qona’ah, istiqomah dan gaya hidup berkualitas, memanfaatkan waktu dan gadget untuk hal positif serta menjaga keta’dziman kepada ustadz.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173397 DELLA MEILANI FATIMAH SOEHARTONO
Date Deposited: 20 Aug 2021 06:30
Last Modified: 20 Aug 2021 06:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21156

Actions (login required)

View Item View Item