STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA BERBASIS TEMATIK PADA KELAS V DI MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

ULINNUHA, 12205173290 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA BERBASIS TEMATIK PADA KELAS V DI MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (912kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (505kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (313kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengembangkan Kualitas Pembelajaran IPA Berbasis Tematik Pada Kelas V di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis Ulinnuha, NIM: 12205173290, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, IPA Tematik, Kualitas Pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pembelajaran yang menekankan banyak teori yang sulit dipahami bila hanya di jelaskan dengan ceramah saja tanpa media. Karena dalam mata pelajaran IPA menekankan pada materi bacaan tentang kenampakan alam di sekitar siswa dan kemampuan siswa dalam menghafal materi IPA. Dengan itu guru menggunakan pembelajaran berkualitas dapat dilihat dari seberapa efektif media belajar siswa, dari sudut fasilitas belajar kualitas pembelajaran dapat tercipta situasi belajar yang aman dan nyaman, sedangkan dari aspek materi, kualitas pembelajaran dapat dilihat dari kesesuaian dengan tujuan yang harus dikuasai oleh siswa. Guru membuat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi agar bisa pembelajaran IPA bisa berjalan dengan baik. Adapun untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut, 1) Bagaimana desain perencanaan guru dalam mengembangkan kualitas pembelajaran IPA Berbasis Tematik pada kelas V di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung?, 2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam mengembangkan kualitas pembelajaran IPA Berbasis Tematik pada kelas V di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung?, 3) Bagaimana evaluasi guru dalam mengembangkan kualitas pembelajaran IPA Berbasis Tematik pada kelas V di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan desain perencanaan guru dalam mengembangkan kualitas pembelajaran IPA Berbasis Tematik pada kelas V di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. pelaksanaan guru dalam mengembangkan kualitas pembelajaran IPA Berbasis Tematik pada kelas V di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. evaluasi guru dalam mengembangkan kualitas pembelajaran IPA Berbasis Tematik pada kelas V di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber penelitian ini meliputi, 1) person (orang), yaitu (a) kepala madrasah, (b) waka kurikulum (c) guru kelas V (d) siswa. 2) Paper (kertas/dokumen) yaitu dokumentasi foto kegiatan pembelajaran IPA. 3) Place (tempat) yaitu MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Teknis analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Guru membuat perencanaan terlebih dahulu sebelum melakukan pelaksanaan strategi guru dalam mengembangkan kualitas pembelajaran IPA: a) guru mempersiapkan RPP yang terbaru mencakup semuanya. b) silabus yang mengacu kompetensi dasar dan kompetensi inti. c) guru sebagai fasilitator bertanggung jawab penuh dalam proses pembelajaran. d) penyesuaian materi dengan kompetensi siswa serta. e) menggunakan strategi penyampaian (delivery strategy). f) melalui media pembelajaran video. g) menerapkan suasana menyenangkan dan h) memotivasi siswa. 2) dalam pelaksanaan pembelajaran di mulai dari kegiatan awal dengan memberikan motivasi , kegiatan inti menekankan pada pendekatan saintifik mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, mengasoasiasikan/mengolah informasi dan mengasosiasi dan Kegiatan penutup.3) evaluasi yang dilakukan guru yaitu menitiberatkan pada aspek psikomotorik, kognitif dan afektif dengan nilai siswa kelas V mencapai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173290 Ulinnuha
Date Deposited: 20 Aug 2021 02:25
Last Modified: 20 Aug 2021 02:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21140

Actions (login required)

View Item View Item