PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

ARINI ROHMATIKA ZUHRO, 12201173214 (2021) PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (353kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (410kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Sosial Guru terhadap Keaktifan Belajar dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021”, ini ditulis oleh Arini Rohmatika Zuhro, NIM 12201173214. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Muhamad Asngad Rudisunhaji, S.Ag., M.S.I. NIP. 197507202005011004. Kata Kunci: Kompetensi Sosial, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar, Peserta Didik, Fiqih Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa kompetensi guru dapat mempengaruhi keaktifan belajar serta prestasi belajar peserta didik. Adapun kondisi di lapangan, seorang guru sudah mampu berkomunikasi baik itu secara lisan maupun tulisan dengan bahasa yang mudah dipahami dan sudah bersikap baik terhadap peserta didik. Sedangkan kondisi peserta didik cenderung pasif ketika proses pembelajaran berlangsung. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah kompetensi sosial guru terhadap keaktifan belajar dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial guru terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021, 2) untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021, 3) untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial guru terhadap keaktifan belajar dan prestasi peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas XI di MAN 1 Tulungagung, yang terdiri dari 325 siswa. Dengan teknik proportionate stratified random sampling, diperoleh dari sampel 65 siswa. Variabel bebas kompetensi sosial guru, variabel terikat: keaktifan belajar dan prestasi belajar peserta didik. Sumber data responden dan dokumen. Teknik pengumpulan data: angket dan dokumentasi, teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, linearitas, regresi linear sederhana dan manova. Hasil penelitian: 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021. Hal ini ditunjukkan dengan nilai p value atau signifikansi t untuk keaktifan belajar peserta didik adalah 0, 000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada 0, 05 (0, 000 < 0, 05), sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa H1 diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap keaktifan belajar peserta diidk pada mata pelajaran fiqih di MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021 dengan kontribusi atau sumbangan kompetensi sosial guru terhadap keaktifan belajar peserta didik sebesar 32, 1 %. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021. Hal iniditunjukkan dengan nilai p value atau signifikansi t untuk keaktifan belajar peserta didik adalah 0, 036 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada 0, 05 (0, 036 < 0, 05), sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa H1 diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar peserta diidk pada mata pelajaran fiqih di MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021 dengan kontribusi atau sumbangan kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 6, 8 %. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap keaktifan belajar dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021. Hal ini ditunjukkan dengan nilai p value atau signifikansi t untuk keaktifan belajar dan prestasi belajar peserta didik adalah Pillai’s Trace sebesar 0, 032, Wilks Lambda sebesar 0, 024, Hotelling’s Trace sebesar 0, 019 dan Roy’s Largest Root sebesar 0, 003, yang mana dari masing-masing nilai tersebut lebih kecil dari 0, 05. Jadi H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173214 ARINI ROHMATIKA ZUHRO
Date Deposited: 20 Aug 2021 02:21
Last Modified: 01 Nov 2021 04:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21135

Actions (login required)

View Item View Item