PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI BIMBEL ONLINE RUANGGURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA MTs NEGERI 1 TULUNGAGUNG

JIHAN ZULFIA FIRDA, 12204173031 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI BIMBEL ONLINE RUANGGURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA MTs NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (786kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (589kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (429kB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Bimbel Online Ruangguru terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Garis dan Sudut Siswa MTs Negeri 1 Tulungagung” ditulis oleh Jihan Zulfia Firda, NIM. 12204173031, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dengan dosen pembimbing Bapak Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Aplikasi Bimbel Online Ruangguru, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dari materi yang sudah dijelaskan oleh guru terutama saat pembelajaran secara daring tidak semua siswa bisa menyerap penjelasan guru, sehingga bisa berdampak pada hasil belajar siswa. Kebanyakan siswa mencoba mempelajari sendiri dengan memanfaatkan teknologi yang ada disekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan aplikasi bimbel online Ruangguru terhadap hasil belajar matematika siswa di MTs Negeri 1 Tulungagung dan seberapa besar pengaruh tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Tulungagung, dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-3 sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya secara daring dan siswa kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen yang pembelajaran daring ditunjang dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi bimbel online Ruangguru. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes (soal) dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas (independen) dengan bantuan SPSS 25.0 dan besar pengaruh perlakuan (effect size). Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh pembelajaran menggunakan aplikasi bimbel online Ruangguru terhadap hasil belajar matematika siswa, dengan besar nilai signifikansi 0,05. (2) Besar pengaruh pembelajaran menggunakan aplikasi bimbel online Ruangguru terhadap hasil belajar matematika siswa signifikan dengan besar presentase pengaruh sebesar 13%, sehingga mempunyai pengaruh sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika > Linear
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173031 Jihan Zulfia
Date Deposited: 20 Aug 2021 01:16
Last Modified: 20 Aug 2021 01:16
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/21124

Actions (login required)

View Item View Item