UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

DOMARA, DONI (2015) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER_LUAR.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover_dalam.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (344kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (58kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di SMAN Rejotangan Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Doni Damara dibimbing oleh Drs. H. Munardji, M.Ag Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh Pendidikan Karakter pada akhir-akhir ini marak sekali dibicarakan oleh banyak kalangan, terutama di lingkungan parktisi pendidikan seperti guru yang melihatnya sebagi sesuatu yang baru. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, Pengendalian diri, Keperibadian, Kecerdasan, Akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, Masyarakat, Bangsa dan Negara. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di SMAN 1 Rejotangan Tahun Pelajaran 2014/2015? 2) Apa faktor penghambat dan solusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di SMAN 1 Rejotangan Tahun Pelajaran 2014/2015? 3) Apa strategi yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi hambatan untuk membentuk karakter peserta didik di SMAN 1 Rejotangan Tahun Pelajaran 2014/2015 ?Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah Untuk Mendeskripsikan Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di SMAN 1 Rejotangan Tahun Pelajaran 2014/2015, Untuk Mendeskripsikan faktor penghambat dan solusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di SMAN 1 Rejotangan Tahun Pelajaran 2014/2015, Untuk Mendeskripsikan Strategi yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi hambatan untuk membentuk karakter peserta didik di SMAN 1 Rejotangan Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi ini bermanfaat untuk pengembangan khazanah keilmuan, sebagai referensi atau rujukan, dan pustaka pada perpustakaan IAIN Tulungagung, sebagai masukan SMAN Rejotangan Peneliti ini secara praktis di harapkan berguna sebagai bahan masukan mengambil kebijakan dalam rangka mengatasi hambatan membentuk karakter peserta didik, Bagi pembaca/peneliti untuk memberikan pemahaman kepada pembaca akan pentingnya upaya guru dalam membentuk karakter peserta didik. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian sebagai berikut(1) Pendekatan dan jenis penelitian Pendekatan penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif. metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang – orang dan perilaku yang dapat diamati.(2)Data dan sumber data, Narasumber (informan), Peristiwa atau aktivitas, Lokasi penelitian, Dokumen/arsip(3)Teknik pengumpulan data adalah Observasi Partisipan, Dokumentasi dan wawancara mendalam, (4) Teknik analisis data adalah Reduksi data,Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. (5) Untuk menguji Keabsahan data dilakukan kredibilitas, dependabilitas (ketergantungan) dan konfirmabilitas(Kepastian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hal-hal yang menjadi faktor penghambat dalam membentuk karakter pesertta didik di SMAN I Rejotangan adalah faktor dari dalam diri siswa, faktor keluarga, faktor lingkungan. Faktor tersebut termasuk dalam faktor penghambat yang ringan, adapun upaya yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam di SMAN I rejotangan dalam menanggapi hal tersebut yaitu, melalui bimbingan pembelajaran didalam kelas, dan melalui kegiatan diluar kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DONI DAMARA
Date Deposited: 17 Nov 2015 03:38
Last Modified: 17 Nov 2015 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2111

Actions (login required)

View Item View Item