PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR BERGAMBAR (PAPIMBAR) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN DI PAUD SUNAN PANDAN ARAN TEGAL KEPATIHAN TULUNGAGUNG

SUCI SUTRIANA, 12206173057 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR BERGAMBAR (PAPIMBAR) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN DI PAUD SUNAN PANDAN ARAN TEGAL KEPATIHAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (296kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (364kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Papan Pintar Bergambar (PaPiMbar) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini 4-5 Tahun di PAUD Sunan Pandan Aran Tegal Kepatihan Tulungagung” ini ditulis oleh Suci Sutriana, NIM. 12206173057, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Tahun 2021, di bimbing oleh Germino Wahyu Broto, M. Si. NIP: 198003012014031001 Kata Kunci: Media Papan Pintar Bergambar (PaPiMbar), Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini 4-5 Tahun Pendidikan sangat penting bagi manusia untuk mengembangkan potensi diri sehingga menjadi lebih berkualitas. Terlebih pada anak usia dini pendidikan sangat berperan penting dalam perkembangan anak. Perkembangan kemampuan berpikir logis sering kurang mendapat perhatian dari guru selaku pendidik. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis anak usia dini perlu menggunakan media pembelajaran penunjang sehingga meningkatkan keberhasilan pembelajaran. Namun kenyataan di lapangan media pembelajaran bagi anak usia dini minim tersedia. Oleh karena itu peneliti mengembangakan media papan pintar bergambar (papimbar) untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis anak usia dini 4-5 tahun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Pengembangan Media Papan Pintar Bergambar (PaPiMbar) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini 4-5 Tahun di PAUD Sunan Pandan Aran Tegal Kepatihan Tulungagung? (2) Bagaimana Kelayakan Media Papan Pintar Bergambar (PaPiMbar) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini 4-5 Tahun di PAUD Sunan Pandan Aran Tegal Kepatihan Tulungagung? Dengan tujuan (1) Mengembangkan Media Papan Pintar Bergambar (PaPiMbar) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini 4-5 Tahun di PAUD Sunan Pandan Aran Tegal Kepatihan Tulungagung. (2) Mengetahui Kelayakan Media Papan Pintar Bergambar (PaPiMbar) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini 4-5 Tahun di PAUD Sunan Pandan Aran Tegal Kepatihan Tulungagung. Metode penelitian dalam skripsi menggunakan R & D (Research and Development) atau penelitian dan pengembangan dengan menggunakan 7 tahap dari model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan tipe explotary sequential mixed methods. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: 1). Pengembangan media papan pintar bergambar (papimbar) untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis anak usia dini 4-5 tahun di PAUD Sunan Pandan Aran Tegal Kepatihan Tulungagung menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang didalamnya hanya menggunakan 7 tahap saja. (2) Kelayakan Media Papan Pintar Bergambar (PaPiMbar) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini 4-5 Tahun di PAUD Sunan Pandan Aran Tegal Kepatihan Tulungagung dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi, ahli media dan tanggapan pendidik dengan kategori sangat layak. Serta dibuktikan dengan keefektifitasan media berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan paired sampel T-test yang menunjukkan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) adalah 0,000, angka ini kurang dari nilai ɑ yaitu 0,05 yang menyatakan adanya perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Serta adanya peningkatan pengembangan kemampuan berpikir logis anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173057 Suci Sutriana
Date Deposited: 18 Aug 2021 08:09
Last Modified: 18 Aug 2021 08:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21103

Actions (login required)

View Item View Item