IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA MATERI VIRUS KELAS X DI SMAN KESAMBEN JOMBANG

HEPPY KHARISMA ALIFFIYA, 12208173120 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA MATERI VIRUS KELAS X DI SMAN KESAMBEN JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (256kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (299kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Impelemntasi Pembelajaran Daring Berbasis Kurikulum 2013 Pada Materi Virus kelas X di SMAN Kesamben Jombang” ini ditulis oleh Heppy Kharisma Aliffiya, NIM 12208173120 dengan dosen pembimbing Ibu Haslinda Yasti Agustin, S.Si. M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Kurikulum 2013 Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya penyebaran Virus Covid-19. Bidang pendidikan menjadi salah satu sektor yang sangat merasakan dampak tersebut. Penyebaran Covid-19 menyebabkan pembelajaran tidak dapat dilakukan secara konvensional. Hal ini dikarenakan pemerintah memberikan kebijakan kegiatan pembelajaran dilaksanakan dari rumah (daring). Sesuai dengan hasil observasi yang dilakukan peneliti, bahwa pembelajaran daring menggunakan kurikulum 2013 merupakan hal baru bagi guru di SMAN Kesamben Jombang, tidak terkecuali pada mata pelajaran Biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran daring berbasis kurikulum 2013 pada materi Virus X di SMAN Kesamben Jombang. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring berbasis kurikulum 2013 pada materi Virus X di SMAN Kesamben Jombang. (3) Mendeskripsikan penilaian pembelajaran daring berbasis kurikulum 2013 pada materi Virus X di SMAN Kesamben Jombang. (4) Mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam kegiatan pembelajaran daring berbasis kurikulum 2013 pada materi Virus kelas X di SMAN Kesamben Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SMAN Kesamben Jombang. Sumber data berasal dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru mata pelajaran biologi dan tiga siswa kelas X-MIPA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Hasil perencanaan berdasarkan hasil analisis bahwa pada tahap perencanaan guru mengkoordinir nomor siswa dan membuat grub WhatsApp. Guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), membuat media pembelajaran daring. mengadakan kegiatan pelatihan/workshop pembelajaran daring. (2) Hasil Pelaksanaan pembelajaran berdasarkan analisis bahwa pada tahap pelaksanaan terdapat 3 proses yaitu pendahuluan, inti dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan siswa melakukan absensi melalui WhatsApp. Kegiatan inti berupa penyampaian materi, sesi tanya jawab, dan diskusi. Kegiatan penutup berupa penarikan kesimpulan dan pemberian tugas. (3) Hasil penilaian berdasarkan hasil analisis penilaian dilakukan dengan 3 cara yaitu penilaian afektif dari sikap peserta didik melakukan absensi secara tepat waktu. Penilaian kognitif dari pengetahuan peserta didik menjawab soal yang diberikan. Penilaian keterampilan dari penugasan portofolio. (4) Hasil faktor penghambat dan pendukung berdasarkan hasil analisis diantaranya adalah kegiatan pembelajaran yang berpusat pada jaringan internet terkadang sinyal yang susah, kuota yang cepat habis, pembelajaran kurang interaktif dan terdapat beberapa siswa tidak memiliki perangkat pembelajaran. Menyebabkan pembelajaran hanya menggunakan aplikasi WhatsApp, selain tidak menguras sinyal secara kuat aplikasi WhatsApp sudah sering digunakan. Pemerintah memberikan bantuan kuota sebesar 10GB untuk digunakan selama pembelajaran daring. media pembelajaran yang digunakan dibuat sevariatif mungkin agar pembelajaran bisa interaktif. Sekolah menyediakan perangkat pembelajaran berupa tablet sebanyak 210 tablet.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208173120 HEPPY KHARISMA ALIFFIYA
Date Deposited: 25 Aug 2021 06:52
Last Modified: 25 Aug 2021 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21085

Actions (login required)

View Item View Item