Prinsip Pengelolaan Kelas dalam Proses Belajar Mengajar Matematika di MTsN Sumberejo Kab. Blitar

Rahayu, Atik Fitri (2014) Prinsip Pengelolaan Kelas dalam Proses Belajar Mengajar Matematika di MTsN Sumberejo Kab. Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
siap di burn.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Prinsip Pengelolaan Kelas, Belajar Mengajar Matematika Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah pelik tentang perilaku remaja yang mengganggu, fokus disiplin ruang kelas digeser ke arah kontrol guru. Disamping itu pelajaran matematika dianggap pelajaran yang sering kali menakutkan. Melihat fenomena tersebut diatas, maka diperlukan penguatan prinsip pengelolaan kelas pada guru untuk mengantisipasi segala perubahan yang terjadi terutama ketika guru mengajar di dalam kelas dalam kegiatan proses belajar mengajar. Berdasarkan deskripsi di atas, maka dari penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kehangatan dan keantusiasan guru pada pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar matematika kelas VIII di MTsN Sumberejo Kab. Blitar Tahun Ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana tantangan yang diberikan guru pada pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar matematika kelas VIII di MTsN Sumberejo Kab. Blitar Tahun Ajaran 2013/2014? (3) Bagaimana variasi guru pada pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar matematika kelas VIII di MTsN Sumberejo Kab. Blitar Tahun Ajaran 2013/2014? (4) Bagaimana keluwesan guru pada pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar matematika kelas VIII di MTsN Sumberejo Kab. Blitar Tahun Ajaran 2013/2014? (5) Bagaimana penekanan pada hal-hal yang positif yang diberikan guru pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar matematika kelas VIII di MTsN Sumberejo Kab. Blitar Tahun Ajaran 2013/2014? (6) Bagaimana penanaman disiplin diri yang diberikan guru pada pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar matematika kelas VIII di MTsN Sumberejo Kab. Blitar Tahun Ajaran 2013/2014? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana kehangatan dan keantusiasan guru pada pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar matematika kelas VIII di MTsN Sumberejo Kab. Blitar Tahun Ajaran 2013/2014? (2) Untuk mengetahui bagaimana tantangan yang diberikan guru pada pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar matematika kelas VIII di MTsN Sumberejo Kab. Blitar Tahun Ajaran 2013/2014? (3) Untuk mengetahui bagaimana variasi guru pada pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar matematika kelas VIII di MTsN Sumberejo Kab. Blitar Tahun Ajaran 2013/2014? (4) Untuk mengetahui bagaimana keluwesan guru pada pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar matematika kelas VIII di MTsN Sumberejo Kab. Blitar Tahun Ajaran 2013/2014? (5) Untuk mengetahui bagaimana penekanan pada hal-hal yang positif yang diberikan guru pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar matematika kelas VIII di MTsN Sumberejo Kab. Blitar Tahun Ajaran 2013/2014? (6) Untuk mengetahui bagaimana penanaman disiplin diri yang diberikan guru pada pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar matematika kelas VIII di MTsN Sumberejo Kab. Blitar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi ini bermanfaat bagi sekolah untuk pengembangan pembelajaran formal dengan suatu pendekatan yang tepat, guna memperoleh hasil yang optimal. Dan bagi guru diharapkan akan dapat dijadikan bahan masukan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran khususnya dalam segi pengelolaan kelas, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa pada suatu mata pelajaran. Serta bagi siswa diharapkan akan dapat meningkatkan keberhasilan dalam proses belajar mengajar matematika. Dalam penelitian ini menggunakan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan catatan lapangan. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kriteria nilai seluruh prinsip pengelolaan kelas, observasi digunakan untuk memperoleh data tentang kriteria 2 prinsip yakni variasi dan keluwesan. Sedangkan metode dokumentasi, interview dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen madrasah serta pendukung data utama dari observasi dan angket. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah data kualitatif yang tidak berupa angka dan data kualitatif dengan prosentase. Dari pembahasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa kehangatan dan keantusiasan guru pada pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar matematika kelas VIII di MTsN Sumberejo Kab. Blitar Tahun Ajaran 2013/2014 adalah cukup, tantangan yang diberikan guru pada pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar matematika kelas VIII di MTsN Sumberejo Kab. Blitar Tahun Ajaran 2013/2014 adalah bagus, variasi yang diberikan guru pada pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar matematika kelas VIII di MTsN Sumberejo Kab. Blitar Tahun Ajaran 2013/2014 adalah bagus, keluwesan guru pada pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar matematika kelas VIII di MTsN Sumberejo Kab. Blitar Tahun Ajaran 2013/2014 adalah cukup, dan penekanan pada hal-hal yang positif yang diberikan guru pada pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar matematika kelas VIII di MTsN Sumberejo Kab. Blitar Tahun Ajaran 2013/2014 adalah bagus, serta penanaman disiplin diri yang diberikan guru pada pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar matematika kelas VIII di MTsN Sumberejo Kab. Blitar Tahun Ajaran 2013/2014 adalah cukup bagus

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 30 Sep 2014 02:16
Last Modified: 30 Sep 2014 02:16
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/21

Actions (login required)

View Item View Item