BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MATERI MATRIKS KELAS XI DI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG

RINA MANGGIH WILUJENG, 12204173184 (2021) BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MATERI MATRIKS KELAS XI DI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Materi Matriks Kelas XI di SMAN 1 Gondang Tulungagung” ditulis oleh Rina Manggih Wilujeng, 12204173184, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Menyelesaikan Masalah, Kemandirian Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah kebiasaan yang sering kita jumpai pada proses pembelajaran, khususnya matematika. Setiap siswa memiliki kemapuan berpikir yang berbeda-beda khususnya berpikir reflektif. Berpikir reflektif adalah berpikir yang bermakna yang berdasarkan pada alasan dan tujuan. Kemampuan berpikir reflektif dapat ditinjau berdasarkan kemandirian belajar siswa. Kemampuan berpikir reflektif jarang ditekankan pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan bagaimana berpikir reflektif siswa dengan kemandirian belajar tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika materi matriks kelas XI di SMAN 1 Gondang Tulungagung. (2) Mendeskripsikan bagaimana berpikir reflektif siswa dengan kemandirian belajar sedang dalam menyelesaikan masalah matematika materi matriks kelas XI di SMAN 1 Gondang Tulungagung. (3) Mendeskripsikan bagaimana berpikir reflektif siswa dengan kemandirian belajar rendah dalam menyelesaikan masalah matematika materi matriks kelas XI di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Pengambilan data dari 36 siswa mengisi angket kemadirian belajar dan diambil 6 siswa untuk mengikuti tes tulis yang terdiri dari masing- masing 2 siswa dengan kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah. Metode yang digunakan tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan berpikir reflektif siswa kelas XI MIPA 1 berdasarkan kemadirian belajar adalah sebagai berikut, (1) Berpikir Refleketif siswa dengan kemandirian belajar tinggi mampu mencapai tingkatan reflektif. (2) Berpikir reflektif siswa dengan kemandirian belajar sedang mampu mencapai tingkatan cukup reflektif. (3) Berpikir reflektif siswa dengan kemandirian belajar rendah mampu mencapai tingkatan kurang reflektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Manggih Rina
Date Deposited: 18 Aug 2021 02:28
Last Modified: 18 Aug 2021 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20987

Actions (login required)

View Item View Item