KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS VII MTS AL MA’ARIF TULUNGAGUNG

MITA OKTABILA, 12204173083 (2021) KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS VII MTS AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (817kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (435kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (906kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Keterampilan Berpikir Analitis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Ditinjau dari Kemampuan Matematika Kelas VII Mts Al Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Mita Oktabila, NIM. 12204173083, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Berpikir Analitis Matematis, Menyelesaikan Masalah, Kemampuan Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebiasaan yang sering kita jumpai pada proses pembelajaran, khususnya pada pelajaran matematika. Setiap siswa memiliki keterampilan berpikir yang berbeda-beda khususnya berpikir analitis matematis. Berpikir analitis matematis adalah keterampilan siswa menyelesaikan masalah matematika dimana siswa mempunyai tiga aspek dalam berpikir yaitu, aspek membedakan, aspek mengorganisasi, dan aspek mengatribusi. Keterampilan berpikir analitis matematis masih jarang ditekankan pada pembelajaran. Keterampilan berpikir analitis matematis dapat ditentukan berdasarkan kemampuan matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir analitis matematis siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah bangun datar kelas VII Mts Al Ma’arif Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir analitis matematis siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah bangun datar kelas VII Mts Al Ma’arif Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir analitis matematis siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah bangun datar kelas VII Mts Al Ma’arif Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Lokasi penelitian adalah Mts Al Ma’arif Tulungagung. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dapat dilihat dari ketekunan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa: (1) Keterampilan berpikir analitis matematis siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah bangun datar mampu memenuhi indikator keterampilan berpikir analitis dalam kategori tinggi. (2) Keterampilan berpikir analitis matematis siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah bangun datar mampu memenuhi indikator keterampilan berpikir analitis dalam kategori sedang. (3) Keterampilan berpikir analitis matematis siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah bangun datar mampu memenuhi indikator keterampilan berpikir analitis dalam kategori rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Matematika > Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Okta bila
Date Deposited: 18 Aug 2021 02:15
Last Modified: 18 Aug 2021 02:15
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/20983

Actions (login required)

View Item View Item