PENGARUH PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2020/2021

EKA KURNIA IMANI, 12204173022 (2021) PENGARUH PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (935kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (921kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (878kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (380kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (408kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Garis dan Sudut Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Kota Blitar Tahun Ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Eka Kurnia Imani, NIM. 12204173022, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan Resource Based Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat saat proses pembelajaran masih ada sebagian siswa yang kurang memperhatikan pelajaran bahkan kurang aktif dalam menyelesaikan soal matematika. Penyebab lainnya adalah siswa merasa bosan karena kurangnya keterlibatan siswa secara aktif oleh guru dalam proses pembelajaran. Sehingga pembelajaran berlangsung hanya berpusat pada guru. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan pendekatan Resource Based Learning ini nantinya siswa dapat lebih tertarik untuk belajar matematika dengan cara memanfaatkan serta mencari sumber belajar yang dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Resource Based Learning terhadap minat belajar matematika pada materi garis dan sudut siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kota Blitar, (2) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Resource Based Learning terhadap hasil belajar matematika pada materi garis dan sudut siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kota Blitar, (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Resource Based Learning terhadap minat dan hasil belajar matematika pada materi garis dan sudut siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kota Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kota Blitar tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Resource Based Learning dan siswa kelas VII D sebagai kelas kontrol menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t sampel bebas (independen) untuk menguji hipotesis 1 dan 2, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan uji Manova untuk menguji hipotesis 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh pendekatan Resource Based Learning terhadap minat belajar matematika pada materi garis dan sudut siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kota Blitar tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dilihat dari hasil analisis data menggunakan uji t sampel bebas (independen) diperoleh nilai signifikan (2-tailed)= 0,015 dengan taraf signifikansi 5% = 0,05 sehingga sig. (2-tailed)= 0,015 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Ada pengaruh pendekatan Resource Based Learning terhadap hasil belajar matematika pada materi garis dan sudut siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kota Blitar tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dilihat dari hasil analisis data menggunakan uji t sampel bebas (independen) diperoleh nilai signifikan (2-tailed)= 0,016 dengan taraf signifikansi 5% = 0,05 sehingga sig. (2-tailed)= 0,016 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Ada pengaruh pendekatan Resource Based Learning terhadap minat dan hasil belajar matematika pada materi garis dan sudut siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kota Blitar tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dilihat dari hasil analisis data menggunakan uji Manova diperoleh nilai keempat p value (sig.) pillace trace, wilk lambda, hotelling’s trace, dan Roy’s lagest root sebesar 0,008 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika > Linear
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173022 Eka Kurnia Imani
Date Deposited: 16 Aug 2021 08:40
Last Modified: 16 Aug 2021 08:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20957

Actions (login required)

View Item View Item