STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SECARA DARING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SORE TULUNGAGUNG

MOHAMMAD YUDA ADI SAPUTRA, 12201173237 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SECARA DARING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SORE TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Peserta Didik Secara Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Sore Tulungagung” ditulis oleh Mohammad Yuda Adi Saputra, NIM. 12201173237, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter, Pembelajaran Daring. Penelitian skripsi ini berlatang belakang persoalan karakter pada peserta didik yang cenderung mengalami penurunan. Persoalan karakter itu antara lain berupa kurangnya kesadaran untuk melaksanakan ibadah, kebiasaan berkata kotor, bersikap tidak sopan kepada orang yang lebih tua, kebiasaan kurang disiplin mematuhi peraturan, dan kurangnya disiplin waktu yang sudah menjadi masalah sosial yang hingga saat ini menjadi perhatian bagi berbagai kalangan. Fokus Penelitian: 1) Bagaimana strategi guru PAI dalam menanamkan karakter religius peserta didik SMK Sore Tulungagung secara daring?, 2) Bagaimana strategi guru PAI dalam menanamkan karakter sopan santun peserta didik SMK Sore Tulungagung secara daring?, 3) Bagaimana strategi guru PAI dalam menanamkan karakter disiplin peserta didik SMK Sore Tulungagung secara daring?. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama untuk mendiskripsikan strategi guru PAI dalam menanamkan karakter religius peserta didik secara daring di SMK Sore Tulungagung, kedua untuk mendiskripsikans trategi guru PAI dalam menanamkan karakter sopan santun peserta didik secara daring di SMK Sore Tulungagung, ketiga untuk mendiskripsikan strategi guru PAI dalam menanamkan karakter disiplin peserta didik secara daring di SMK Sore Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMK Sore Tulungagung, data peneliti didapatkan dari Waka kurikulum, Waka kesiswaan, guru PAI, dan peserta didik. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan 1) Strategi guru PAI dalam menanamkan karakter religius peserta didik secara daring di SMK Sore Tulungagung dengan menerapkan pembiasaan, keteladanan, dan pemberian tugas. 2) Strategi guru PAI dalam menanamkan karakter sopan santun peserta didik secara daring di SMK Sore Tulungagung dengan menggunakan cara keteladanan, pembiasaan, dan tata tertib. 3) Strategi guru PAI dalam menanamkan karakter disiplin peserta didik secara daring di SMK Sore Tulungagung dengan cara keteladanan, pemberian tugas, pembiasaan, dan pemberian nasihat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173237 Mohammad Yuda Adi Saputra
Date Deposited: 16 Aug 2021 07:49
Last Modified: 16 Aug 2021 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20946

Actions (login required)

View Item View Item