STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA DI SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG

SHEILLA ILMI QORIAH, 12201173074 (2021) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA DI SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (369kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Sikap Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Sheilla Ilmi Qoriah, NIM 12201173074, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2021, Dosen Pembimbing: Zainudin, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, Sikap Religius, Sholat dhuha Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fenomena belakangan ini, banyak sekali anak remaja yang kurang bersikap religius, maka dari itu semakin banyak sekolah umum menerapkan pembiasaan yang berupa kegiatan keagamaan termasuk di SMAN 1 Rejotangan. Pembiasaan sholat dhuha ini salah satu strategi guru PAI yang disusun secara khusus untuk meningkatkan sikap religius tersebut. Maka dari itu penting bagi seorang guru untuk bisa memilih dan menggunakan strategi yang tepat dalam meningkatkan sikap religius peserta didik. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi guru PAI untuk meningkatkan sikap religius peserta didik melalui pembiasaan sholat dhuha di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung?; 2) Bagaimana hambatan guru PAI untuk meningkatkan sikap religius peserta didik melalui pembiasaan sholat dhuha di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung?; 3) Bagaimana implikasi strategi guru PAI untuk meningkatkan sikap religius peserta didik melalui pembiasaan sholat dhuha di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi guru PAI untuk meningkatkan sikap religius peserta didik melalui pembiasaan sholat dhuha di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung; 2) Untuk mengetahui hambatan guru PAI untuk meningkatkan sikap religius peserta didik melalui pembiasaan sholat dhuha di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung; 3) Untuk mengetahui implikasi strategi guru PAI untuk meningkatkan sikap religius peserta didik melalui pembiasaan sholat dhuha di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan beberapa Langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan keterpercayaan, trianggulasi, pembahasan sejawat, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru PAI untuk meningkatkan sikap religius peserta didik melalui pembiasaan sholat dhuha adalah dengan cara perintah melakukan sholat dhuha secara lisan, perintah melakukan sholat dhuha dan ibadah lainnya, pendampingan guru PAI, keteladanan guru PAI, pembelajaran dengan praktik langsung, membaca juz 'amma bersama, peduli terhadap lingkungan; 2) Hambatan guru PAI untukmeningkatkan sikap religius peserta didik melalui pembiasaan sholat dhuha yaitu kurangnya disiplin waktu, ada beberapa kurangnya fasilitas pembelajaran di masjid, kurang ada absensinya; 3) Implikasi strategi guru PAI untuk meningkatkan sikap religius peserta didik melalui pembiasaan sholat dhuha yaitu sudah terbiasa langsung ke masjid, lebih peduli terhadap lingkungan sekitar, lebih bisa fokus belajar, mampu membaca ayat suci al-qur'an dengan lancar, mampu mengetahui do'a sholat dhuha dan do'a sehari-hari lainya, terbiasa membaca juz 'amma dan asmaul husna.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173074 Sheilla Ilmi Qoriah
Date Deposited: 16 Aug 2021 07:32
Last Modified: 16 Aug 2021 07:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20943

Actions (login required)

View Item View Item