PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DAN GOOGLE BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 1 TULUNGAGUNG

DILA EKA SARI, 12205173120 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DAN GOOGLE BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (507kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Pengaruh Penggunaan Media Komik dan Google Book terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Tematik Selama Masa Pandemi Covid-19 di MIN 1 Tulungagung" ini ditulis oleh Dila Eka Sari, NIM. 12205173120, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. Pembimbing: Dr. Adi Wijayanto, S.Or, S.Kom, M.Pd., AIFO. Kata Kunci: Media Komik, Google Book, Keterampilan Membaca Pemahaman Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca siswa pada pembelajaran tematik. Pendidik kurang mengembangkan media pembelajaran yang ada sehingga proses pembelajaran terkesan hanya menjelaskan, bukan tentang cara mengajarkannya. Komik dan google book adalah salah satu media atau alat pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk meningkatkan hasil keterampilan membaca pemahaman. Komik dan google book juga dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik agar tetap produktif selama pembelajaran daring. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Adakah pengaruh penggunaan media komik terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran tematik selama masa pandemi Covid-19 di MIN 1 Tulungagung 2) Adakah pengaruh penggunaan media google book terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran tematik selama masa pandemi Covid-19 di MIN 1 Tulungagung 3) Adakah pengaruh penggunaan media komik dan google book terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran tematik selama masa pandemi Covid-19 di MIN 1 Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik dan google book terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran tematik selama masa pandemic Covid-19 di MIN 1 Tulungagung dan seberapa signifikan pengaruh kedua media tersebut. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tulungagung, sebagai dasar untuk membentuk kebiasaan belajar dengan lebih baik yaitu membiasakan diri untuk membaca. Bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tulungagung sebagai bahan kajian dan renungan untuk memperbaiki prestasi belajar pada keterampilan membaca pemahaman. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup bagi peneliti lebih lanjut. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 84 siswa. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan tekhnik nonprobability sampling yaitu sebanyak 70 siswa kelas IV yang terdiri dari 25 siswa kelas IV A, 25 siswa kelas IV B, dan 20 siswa kelas IV C. Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Angket dan tes digunakan untuk memperoleh data tentang keterampilan membaca pemahaman siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tulungagung sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode dokumentasi untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana, dan prasarana pendidikan serta dokumen madrasah. Hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan antara media komik dan keterampilan membaca siswa kelas IV MIN 1 Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari uji one way anova Fhitung > Ftabel (4,515 > 3,13), untuk perhitungan data selisih nilai posttest dengan pretest siswa diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,014 < dari 0,05. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara media google book dan keterampilan membaca siswa kelas IV MIN 1 Tulungagung menggunakan uji one way anova diperoleh Fhitung > Ftabel (4,515 > 3,13), untuk perhitungan data selisih nilai posttest dengan pretest siswa diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,014 < dari 0,05. 3) Ada pengaruh yang signifikan antara media komik dan google book terhadap keterampilan membaca siswa kelas IV MIN 1 Tulungagung. Hasil uji hipotesis menggunakan uji post hoc metode tukey (HSD) diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,021 < dari 0,05. Kesimpulannya terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara media komik dan google book terhadap keterampilan membaca pemahaman pada pembelajaran tematik, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Media komik lebih efektif dibandingkan media google book dapat dilihat dari rata-rata nilai yang diperoleh melalui uji prasyarat dan uji hipotesis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: DILA EKA SARI
Date Deposited: 16 Aug 2021 02:02
Last Modified: 16 Aug 2021 02:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20799

Actions (login required)

View Item View Item