STRATEGI GURU DALAM INTERNALISASI NILAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) PADA PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDI AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG

DURROTUN NAFILA, 12205173020 (2021) STRATEGI GURU DALAM INTERNALISASI NILAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) PADA PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDI AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalan Internalisasi Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada Proses Pembelajaran Tematik di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung ini ditulis oleh Durrotun Nafila, NIM 12205173020, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung 2020, Dosen Pembibing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata kunci : Strategi Guru dalam Internalisasi Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Proses Pembelajaran tematik Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya kasus bullying yang terjadi pada peserta didik sekolah dasar yang mengakibatkan karakter yang buruk bagi pelaku bullying dan korban bullying. Penanaman karakter yang baik sangat perlu dilakukan di lingkungan sekolah untuk membentuk karakter peserta didik yang baik. Dalam kurikulum 2013 terdapat penanaman Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) oleh guru dalam pembelajaran tematik di sekolah. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam internalisasi nilai Penguat Pendidikan Karakter (PPK) religius pada proses pembelajaran tematik di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung ? (2) Bagaimana strategi guru dalam internalisasi nilai Penguat Pendidikan Karakter (PPK) nasionalis pada proses pembelajaran tematik di SDI Al-Hidayah Ngunut Samir Tulungagung ? (3)Bagaimana strategi guru dalam internalisasi nilai Penguat Pendidikan Karakter (PPK) mandiri pada proses pembelajaran tematik di SDI Al-Hidayah Ngunut Samir Tulungagung ? (4) Bagaimana strategi guru dalam internalisasi nilai Penguat Pendidikan Karakter (PPK) gotong royong pada proses pembelajaran tematik di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung ? (5) Bagaimana strategi guru dalam internalisasi nilai Penguat Pendidikan Karakter ( PPK) integritas pada proses pembelajaran tematik di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung ?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomonologis. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk internalisasi nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada proses pembelajaran tematik untuk mencapai tujuan yang maksimal. Teknik analisis data yang dilakukan dengan cara (1) pengumpulan data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) Internalisasi Penguangatan Pendidikan Karakter (PPK) nilai religius dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti guru kelas meanggunakan strategi kontekstual. Guru kelas dalam menginternalisasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) nilai religius secara langsung siswa melakukan internalisasi pada proses pembelajaran dengan dampingan guru. (2) Internalisasi Penguangatan Pendidikan Karakter (PPK) nilai nasionalis dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti guru kelas meanggunakan strategi ekspositori. Guru kelas dalam menginternalisasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) nilai nasionalis melalui cerita-cerita kepahlawanan sehingga siswa dapat mencontoh sikap nasionalis dalam setiap cerita yang diberikan oleh guru kelas. (3) Internalisasi Penguangatan Pendidikan Karakter (PPK) nilai mandiri dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti guru kelas meanggunakan strategi afektif. Guru kelas dalam menginternalisasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) nilai mandiri kepada peserta didik menerapkan nilai mandiri dalam proses kegiatan pembelajaran tematik. (4) Internalisasi Penguangatan Pendidikan Karakter (PPK) nilai gotong royong dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti guru kelas meanggunakan strategi kooperatif. Guru kelas dalam menginternalisasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) nilai gotong royong peserta didik dalam proses pembelajaran tematik membentuk kelompok kecil untuk menginternalisasikan nilai gotong royong dengan dampingan guru kelas. (5) Internalisasi Penguangatan Pendidikan Karakter (PPK) nilai integritas dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti guru kelas meanggunakan strategi afektif. Guru kelas dalam menginternalisasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) nilai integritas kepada peserta didik menerapkan nilai integritas dalam proses pembelajaran tematik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173020 DURROTUN NAFILA
Date Deposited: 16 Aug 2021 02:11
Last Modified: 16 Aug 2021 02:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20796

Actions (login required)

View Item View Item