PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MI MANBA’UL ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

YUNI MASRURIN AL MUYASYAROH, 17205153376 (2021) PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MI MANBA’UL ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi berjudul “Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Siswa Di MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung,” ditulis oleh Yuni Masrurin Al Muyasyaroh, NIM.17205153376, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Pembiasaan, Kegiatan Keagamaan, Kecerdasan Spiritual. Fokus dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pembiasaan sholat berjamaah dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa di MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung?. 2) Bagaimana pembiasaan membaca Al Qur’an dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa di MI Manba’ul Ulum Rejotangan Tulungagung?. 3) Bagaimana pembiasaan sholat dhuha dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa di MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung?. Jenis penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah penelitian kualitatif dan dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan 1. Kredibilitas melalui a. Penpanjangan keterlibatan peneliti, b. Ketekunan pengamatan, c. Triangulasi. 2.Trasferabilitas. 3. Dependabilitas (ketergantungan), oleh dosen pembimbing selaku auditor. 4. Konfirmabilitas, desain penelitian dianggap baik dan benar, fokus penelitian dianggap tepat, sajian literatur dianggap relevan, kinerja instrumen dan pendataan dianggap akurat, teknik pengumpulan data dianggap sesuai dengan fokus spenelitian, analisis data yang diterapkan dianggap benar, hasil penelitian dianggap bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Pembiasaan sholat berjamaah dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa di MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung yaitu meningkatkan kedisiplinan dalam sholat berjamaah, guru menjadi kontrol kegiatan ataupun praktif yang dilaksanakan di sekolah, pemberian sanksi pada beberapa anak yang dianggap kurang serius dan tidak melaksanakan kegiatan ibadah sholat dengan baik. 2)Pembiasaan membaca Al Qur’an dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa di MI Manba’ul Ulum Rejotangan Tulungagung yaitu memiliki rasa tanggung jawab yang dalam kegiatan beribadah, kegiatan membaca Al Qur’an setiap hari oleh pihak sekolah, Yasin dan Tahlil dilaksanakan setiap seminggu sekali pada seluruh kelas, hafalan surat pendek dilaksanakan setiap hari, termasuk surat pendek. 3)Pembiasaan sholat dhuha dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa di MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung yaitu Menumbuhkan kesadaran beribadah bukan hanya penerapan sanksi, dorongan pesan moral dari guru dan penanaman pemahaman melalui pesan guru dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: PEMBIASAAN 17205153376 YUNI MASRURIN AL MUYASYAROH
Date Deposited: 13 Aug 2021 07:50
Last Modified: 13 Aug 2021 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20758

Actions (login required)

View Item View Item