ANALISIS GESTUR MATEMATIS SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DI MTs PSM REJOTANGAN TULUNGAGUNG

NUFIA IKA NUR FADILA, 12204173157 (2021) ANALISIS GESTUR MATEMATIS SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DI MTs PSM REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (414kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (340kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Gestur Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri di MTs PSM Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Nufia Ika Nur Fadila, NIM 12204173157, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci: Gestur, Pemecahan Masalah, Persegi dan Persegi Panjang Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta dilapangan bahwa ketika siswa menyelesaikan soal matematika, terutama soal cerita siswa kesulitan dalam pengerjaannya. Pada proses penyelesaian masalah, siswa melakukan gerakan-gerakan tubuh (lengan dan tangan). Gerakan tubuh ini disebut dengan gestur. Gestur ini membantu siswa dalam menyelesaikan masalah, membantu dalam memberikan penjelasan kepada temannya mengenai penyelesaian soal, ataupun menggambarkan ide/topik yang sedang dibicarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gestur menunjuk, representasional, dan menulis serta tujuan dari masing-masing penggunaan gestur siswa yang muncul dalam proses menyelesaikan masalah geometri di MTs PSM Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi (rekaman audio-visual), wawancara, dokumentasi, dan tes (soal). Tes tertulis berupa tes pemecahan masalah diikuti oleh siswa kelas VII MTs PSM Rejotangan Tulungagung sebanyak 6 siswa yang dikelompok menjadi tiga kelompok berdasarkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Tiga kelompok tersebut terdiri dari dua siswa berkemampuan tinggi, dua siswa berkemmapuan sedang, dan dua siswa berkemampuan rendah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diperoleh gestur yang muncul selama proses pengerjaan soal sebanyak 91 gestur terdiri dari 28 gestur menunjuk, 12 gestur representasional, dan 51 gestur menulis. Gestur dilakukan siswa ditujukan untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain. Tujuan dari penggunaan gastur memfokuskan atau memusatkan perhatian pada objek yang dituju, menggambarkan objek yang sedang dipikirkan dan mengkonkretkan ide yang sedang dipikirkan dalam bentuk tulisan. Gestur yang ditujukan untuk dirinya sendiri atau orang lain, berfungsi untuk membantu dalam memudahkan menemukan penyelesaian dari soal, memudahkan pembicara dalam menjelaskan ide dan memudahkan pendengar dalam memahami pembicaraan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika > Geometri
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: SKRIPSI 12204173157 NUFIA IKA NUR FADILA
Date Deposited: 20 Aug 2021 01:28
Last Modified: 20 Aug 2021 01:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20749

Actions (login required)

View Item View Item