PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM BENTUK APLIKASI ANDROID PADA MATERI ALJABAR KELAS VII MTsN 2 KOTA BLITAR

ARUM PUSPITASARI, 1 2204173073 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM BENTUK APLIKASI ANDROID PADA MATERI ALJABAR KELAS VII MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (813kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (809kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (989kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dalam Bentuk Aplikasi Android pada Materi Aljabar Kelas VII MTsN 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Arum Puspitasari, NIM. 12204173073, pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: media pembelajaran, aplikasi android, aljabar. Media pembelajaran merupakan alat fisik yang digunakan sebagai alat bantu peserta didik dalam memahami materi. Media pembelajaran juga mempermudah pendidik/guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan berdasarkan KI, KD, dan indikator. Media pembelajaran ini juga berperan dalam perkembangan teknologi di sekolah, karena dapat memanfaatkan smartphone tidak hanya untuk ujian tapi juga sebagai media pembelajaran. Media aplikasi andorid ini perlu dikembangkan agar perkembangan teknologi pada MTsN 2 Kota Blitar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh peserta didik dalam mengatasi kesulitan belajarnya, terlebih lagi pada tahun ajaran 2020/2021 yang mana proses pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah langkah pengembangan media pembelajaran matematika dalam bentuk aplikasi android pada materi aljabar kelas VII yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang memiliki lima langkah yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari 3 peserta didik dari kelas VII MTsN 2 Kota Bitar untuk uji coba one to one dan 20 peserta didik dari kelas VII MTsN 2 Kota Blitar untuk uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi terhadap media aplikasi android, angket respon peserta didik untuk kepraktisan media, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan data presentase dari validasi ahli dan uji coba. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa langkah-langkah pengembangan media pembelajaran matematika dalam bentuk aplikasi android ini ada dua yaitu langkah pembuatan soal kuis (menganalisis KD, merumuskan indikator, menyusun materi, membuat kisi-kisi soal, menulis soal sesuai indikator, dan menentukan serta menulis jawaban) dan langkah pengembangan aplikasi (mendesain aplikasi, memasukkan materi dan kuis, publish file menjadi bentuk html, convert file menjadi bentuk aplikasi). Media ini dinyatakan valid dengan nilai validasi sebesar 87,5% dari ahli media, 85,4% dari ahli materi, dan 92,5% dari penguna. Dinyatakan praktis dan efektif dengan nilai rata-rata kepraktisan sebesar 85,74% dan peserta didik yang nilainya lebih dari KKM sebesar 80%. Berdasarkan nilai-nilai tersebut maka dapat diambil keputusan bahwa media aplikasi android layak untuk digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1 2204173073 ARUM PUSPITASARI
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:35
Last Modified: 13 Aug 2021 04:35
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/20737

Actions (login required)

View Item View Item