PENGARUH PEMBERIAN VISUAL SCAFFOLDING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI SISWA KELAS VIII MTS DARUL FALAH KABUPATEN TULUNGAGUNG

BINTI NUR ‘AFIFAH, 12204173076 (2021) PENGARUH PEMBERIAN VISUAL SCAFFOLDING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI SISWA KELAS VIII MTS DARUL FALAH KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (802kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemberian Visual Scaffolding terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Kelas VIII MTs Darul Falah Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Binti Nur ‘Afifah, NIM 12204173076, Jurusan Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Visual Scaffolding, dan Pemahaman Konsep Geometri Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman konsep siswa sebagai modal dasar pembelajaran matematika. Di mana salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah sifat abstrak pada matematika yang dapat menjadikan siswa merasa bosan dan menghindari matematika, seperti yang terdapat pada materi geometri. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, upaya yang dapat dilakukan adalah memberikan bantuan dalam bentuk visual (visual scaffolding) yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep pada geometri. Berdasarkan penjelasan tersebut, tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pemahaman konsep geometri siswa yang menggunakan pembelajaran dengan visual scaffolding. (2) Untuk mengetahui pemahaman konsep geometri siswa yang menggunakan pembelajaran secara scientific. (3) Untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep geometri antara siswa yang menggunakan pembelajaran dengan visual scaffolding dan siswa yang menggunakan pembelajaran secara scientific. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian percobaan (experiment research). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen (30 siswa) dan kelas kontrol (35 siswa). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman konsep geometri siswa yang menggunakan pembelajaran visual scaffolding mempunyai nilai rata rata 72,87 dari 30 siswa dengan standar error 1,764. Nilai median untuk data ini sebesar 71,00 dengan nilai modus 71. Standar deviasi sebesar 9,662 dengan varians sebesar 93,361. Serta nilai minimum 61 dan nilai maksimum 93. (2) Pemahaman konsep geometri siswa yang menggunakan pembelajaran secara scientific mempunyai nilai rata-rata yaitu 64,83 dari 35 siswa dengan standar error 1,944. Nilai median untuk data ini sebesar 68,00 dengan nilai modus 71. Standar deviasi sebesar 11,498 dengan varians sebesar 132,205. Serta nilai minimum 32 dan nilai maksimum 86. (3) Terdapat perbedaan pemahaman konsep geometri antara siswa yang menggunakan pembelajaran dengan visual scaffolding dan siswa yang menggunakan pembelajaran secara scientific. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,004 ≤ 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan visual scaffolding terhadap pemahaman konsep geometri siswa kelas VIII MTs Darul Falah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173076 BINTI NUR ‘AFIFAH
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:55
Last Modified: 13 Aug 2021 03:55
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/20688

Actions (login required)

View Item View Item