PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM CLOUD MEETINGS DENGAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ERA RIYANTIKA, 12204173127 (2021) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM CLOUD MEETINGS DENGAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (498kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Penerapan Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meetings dengan Google Classroom pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Era Riyantika, NIM. 12204173127, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Kreatif Matematis, Zoom Cloud Meetings, Google Classroom. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dapat dilihat dari kurang variatifnya ide-ide yang diuraikan dalam memecahkan suatu permasalahan matematika. Hal ini disebabkan karena siswa masih belum memahami konsep materi matematika, kurangnya latihan untuk memecahkan suatu permasalahan matematika dan media pembelajaran yang bersifat monoton. Kemampuan berpikir kreatif matematis sangat diperlukan untuk mengimbangi kemajuan teknologi pada saat pembelajaran daring selama pandemi covid-19, dikarenakan siswa diminta untuk memahami materi serta mengerjakan latihan-latihan soal secara mandiri. Dalam hal ini peneliti menghubungkan perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara dua aplikasi pembalajaran daring di SMPN 1 Sumbergempol. Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui penerapan pembelajaran daring menggunakan aplikasi zoom cloud meetings dengan google classroom pada materi garis dan sudut kelas VII SMPN 1 Sumbergempol, (2) untuk mengetahui aplikasi pembelajaran daring mana yang lebih baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi garis dan sudut kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan desain posttest-only control design dan pendekatan penelitiannya kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1 yang mendapatkan pembelajaran daring menggunakan aplikasi zoom cloud meetings dan siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2 yang mendapatkan pembelajaran daring menggunakan google classroom. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui penerapan pembelajaran daring menggunakan aplikasi zoom cloud meetings dengan google classroom pada materi garis dan sudut kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Dari hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,029 sedangkan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 2,227 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% diperoleh 1,668. Hal ini menunjukkan bahwa tbitung > ttabel yang berarti bahwa adanya perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui penerapan pembelajaran daring menggunakan aplikasi zoom cloud meetings dengan google classroom. (2) Pembelajaran daring menggunakan aplikasi zoom cloud meetings lebih baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi garis dan sudut kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif matematis kelas yang menerapkan pembelajaran daring menggunakan aplikasi zoom cloud meetings sebesar 70,12 lebih besar dari siswa yang menerapkan pembelajaran daring menggunakan google classroom yaitu 62,88.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Era Riyantika
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:09
Last Modified: 13 Aug 2021 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20685

Actions (login required)

View Item View Item