KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MATERI GARIS DAN SUDUT DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DI MTsN 8 BLITAR

AINA HIBATUL LATIFAH, 12204173179 (2021) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MATERI GARIS DAN SUDUT DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DI MTsN 8 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Representasi Matematis Siswa Materi Garis dan Sudut Ditinjau dari Kemampuan Matematika di MTsN 8 Blitar” ini ditulis oleh Aina Hibatul Latifah, NIM. 12204173179, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Representasi Matematis,Kemampuan Matematika, Garis dan Sudut Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan yang sering kita jumpai pada proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran matematika. Setiap siswa memiliki kemampuan dalam menyajikan suatu hasil jawaban yang berbeda-beda, karena kemampuan yang dimiliki setiap siswa pun berbeda-beda, khususnya pada kemampuan representasi matematis. Representasi matematis itu sendiri adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, di mana siswa memenuhi tiga indikator representasi matematis, yaitu representasi kata atau teks tertulis, representasi visual, dan representasi persamaan atau teks tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah garis dan sudut. 2) Mendeskripsikan representasi matematis siswa kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah garis dan sudut. 3) Mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah garis dan sudut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di MTsN 8 Blitar yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII-G yang berjumlah 32 siswa. Dari 32 siswa akan dipilih 6 siswa sebagai subjek yang digolongkan berdasarkan tingkat kemampuan matematikanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa berkemampuan matematika tinggi dapat memenuhi semua indikator representasi matematis dalam menyelesaikan masalah garis dan sudut, siswa dengan kemampuan matematika sedang dapat memenuhi 2 dari 3 indikator representasi matematis dalam menyelesaikan masalah garis dan sudut dan siswa berkemampuan matematika rendah dapat memenuhi 1 dari 3 indikator representasi matematis dalam menyelesaikan masalah garis dan sudut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173179 AINA HIBATUL LATIFAH
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:50
Last Modified: 13 Aug 2021 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20681

Actions (login required)

View Item View Item