STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN BUDAYA JUJUR PESERTA DIDIK DI SMK AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

HUDA RUIS AFDAU, 17201153131 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN BUDAYA JUJUR PESERTA DIDIK DI SMK AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Budaya Jujur Peserta Didik di SMK Al Huda Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Huda Ruis Afdau NIM, 17201153131, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Tajudin, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Budaya Jujur Guru berperan penting dalam pembentukan hasil dari pembentukan peserta didik, salah satunya dalam meningkatkan budaya jujur para peserta didik di SMKAl Huda Bandung Tulungagung. Untuk memperoleh hasil yang maksimal tentunya guru mempunyai strategi tersendiri dalam meningkatkan budaya jujur peserta didik agar hasilnya sesuai dengan tujuan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Budaya Jujur Peserta Didik Di SMK AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG? (2) Bagaimana Pelaksanaan Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Budaya Jujur Peserta Didik Di SMK AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG? (3) Bagaimana Evaluasi Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Budaya Jujur Peserta Didik Di SMK AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG? Adapun menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Perencanaan Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Budaya Jujur Peserta Didik Di SMK AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. (2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Budaya Jujur Peserta Didik Di SMK AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. (3) Mendeskripsikan Evaluasi Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Budaya Jujur Peserta Didik Di SMK AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitiannya di SMK Al Huda Bandung Tulungagung, sumber datanya di dapat melalui dua unsur yaitu primer dan sekunder, metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunkaan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat, dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian : (1) Perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan budaya jujur adalah dengan melakukan penyusunan RPP, memberikan penyuluhan berupa pentinya berperilaku jujur (2) Pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan budaya jujur di dalam kelas adalah dengan membiasakan berdoa sebelum dan sedudah pelajaran serta memberikan materi yang berkaitan dengan jujur, menggunakan kertas kejujuran, menggunakan media CCTV, Pelaksanaan dalam meningkatkan budaya jujur diluar kelas dengan melakukan kegiatan shalat dhuha dan shalat dhuhur berjamaah, menggunakan kantin kejujuran, pengamatan melalui CCTV. (3) Evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan budaya jujur dilakukan dengan penekanan pada dua aspek yaitu proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Bimbingan dan Konseling Islam > Karir
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153131 HUDA RUIS AFDAU
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:24
Last Modified: 13 Aug 2021 03:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20676

Actions (login required)

View Item View Item