KESALAHAN SISWA DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

RISALATUL MUKAROMAH, 12204173062 (2021) KESALAHAN SISWA DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (621kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (700kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (514kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kesalahan Siswa Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Siswa Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Risalatul Mukaromah NIM 122073062, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Kesalahan, Kecerdasan Logis Matematis, Aljabar Kesalahan adalah penyimpangan terhadap hal yang benar dan sifatnya sistematis, konsisten maupun insidental pada bagian tertentu. Kesalahan siswa dapat diidetifikasi berdasarkan kemampuan dalam kecerdasan logis mstematis siswa untuk mengetahui kesalahan-kesalahan siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kesalahan siswa siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis tinggi dalam menyelesaikan soal aljabar siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol. 2) Mendeskripsikan kesalahan siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis sedang dalam menyelesaikan soal aljabar siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol. 3)Mendeskripsikan kesalahan siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis rendah dalam menyelesaikan soal aljabar siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini ada 6 terdiri dari 2 siswa kecerdasan logis matematis tinggi, 2 siswa kecerdasan logis matematus sedang, dan 2 siswa kecerdasan logis matematis rendah. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes kecerdasan, soal tes aljabar, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian soal tes dan wawancara. Tahap analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah kesalahan siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis tinggi dalam menyelesaikan soal aljabar adalah kesalahan transformasi, kesalahan kemampuan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Kesalahan siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis sedang dalam menyelesaikan soal aljabar adalah kesalahan membaca, kesalahan transformasi, kesalahan kemampuan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Kesalahan siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis rendah dalam menyelesaikan soal aljabar adalah kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan kemampuan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173062 RISALATUL MUKAROMAH
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:01
Last Modified: 13 Aug 2021 03:01
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/20672

Actions (login required)

View Item View Item