STRATEGI GURU TPQ DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA GANDUSARI TRENGGALEK

RIZA ARMA MEFIA FITRI, 12201173054 (2021) STRATEGI GURU TPQ DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA GANDUSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru TPQ dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Santri di Pondok Pesantren Darul Huda Gandusari Trenggalek” ini ditulis oleh Riza Arma Mefia Fitri, NIM. 12201173054, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci: Strategi Guru, Kecerdasan Spiritual. Banyak orang yang cerdas secara intelektual akan tetapi masih belum mampu mengendalikan dirinya dengan baik. Kecerdasan intelektual yang dimiliki oleh seseorang masih tidak sepenuhnya berpengaruh pada kesuksesan seseorang. Disamping kecerdasan intelektual, masih ada kecerdasan lainnya yaitu kecerdasan spiritual. Kecerdasan ini dibutuhkan oleh seseorang untuk menemukan makna hidupnya untuk mencapai kebahagiaan. Setiap orang sesungguhnya telah memiliki kecerdasan spiritual. Kemudian untuk selanjutnya peran orang dewasa yang ada di sekitarnya sangat diperlukan untuk mengembangkan potensi ini. TPQ merupakan salah satu tempat untuk mengembangkan kecerdasan spiritual anak sejak dini melalui bimbingan Guru TPQ. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengkaji lebih lanjut tentang strategi guru TPQ dalam mengembangkan kecerdasan spiritual santri. Fokus penelitian dalam skripsi ini sebagai berikut: 1) Bagaimana strategi guru TPQ dalam mengembangkan kecerdasan spiritual santri melalui bimbingan di pondok pesantren Darul Huda Gandusari Trenggalek?, 2) Bagaimana strategi guru TPQ dalam mengembangkan kecerdasan spiritual santri melalui pelatihan di pondok pesantren Darul Huda Gandusari Trenggalek?, 3) Bagaimana strategi guru TPQ dalam mengembangkan kecerdasan spiritual santri melalui pembiasaan di pondok pesantren Darul Huda Gandusari Trenggalek?,. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui strategi guru TPQ dalam mengembangkan kecerdasan spiritual santri melalui bimbingan di pondok pesantren Darul Huda Gandusari Trenggalek. 2) Untuk mengetahui strategi guru TPQ dalam mengembangkan kecerdasan spiritual santri melalui pelatihan di pondok pesantren Darul Huda Gandusari Trenggalek. 3) Untuk mengetahui strategi guru TPQ dalam mengembangkan kecerdasan spiritual santri melalui pembiasaan di pondok pesantren Darul Huda Gandusari Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah pengasuh pondok pesantren Darul Huda, Guru TPQ, dan santri. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data, peneliti melalui tahap perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru TPQ dalam mengembangkan kecerdasan spiritual santri melalui bimbingan di pondok pesantren Darul Huda Gandusari Trenggalek meliputi, Pertama, bimbinganmengembangkan kecerdasan spiritual kepada diri sendiri, seperti a. Melejitkan kecerdasan spiritual dengan menumbuhkan sifat sabar., dan b. Mendampingi shalat berjamaah di lingkungan TPQ. Kedua, bimbingan mengembangkan kecerdasan spiritual kepada sesama, seperti bimbingan berbuat kebaikan dalam setiap situasi dan saling berbagi kepada sesama. 2) Strategi guru TPQ dalam mengembangkan kecerdasan spiritual melalui pelatihan di pondok pesantren Darul Huda Gandusari Trenggalek meliputi, Pertama, pelatihan mengembangkan kecerdasan spiritual kepada diri sendiri, seperti pelatihan fasholatan (praktik ibadah)., Kedua, pelatihan mengembangkan kecerdasan spiritual kepada sesama, seperti a. Senang menolong orang lain., dan b. Mempunyai selera humor yang baik. 3) Strategi guru TPQ dalam mengembangkan kecerdasan spiritual melalui pembiasaan di pondok pesantren Darul Huda Gandusari Trenggalek meliputi, Pertama, pembiasaan mengembangkan kecerdasan spiritual kepada diri sendiri, seperti a. Pembiasaan shalat berjamaah., b. Membaca do’a sebelum membaca Al- Qur’an., serta c. Pembiasaan berfikir positif dan dapat menggali hikmah di setiap kejadian. Kedua, pembiasaan mengembangkan kecerdasan spiritual kepada sesama, seperti pembiasaan akhlak (pembiasaan bertingkah laku).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: riza 122011733314 arma
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:03
Last Modified: 13 Aug 2021 03:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20651

Actions (login required)

View Item View Item