REPRESENTASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS X MAN KOTA BLITAR

ILMA ANGGRAENI, 17204163204 (2021) REPRESENTASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS X MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Representasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Berdasarkan Kemampuan Matematika Kelas X MAN Kota Blitar” ini ditulis oleh Ilma Anggraeni, NIM. 17204163204, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Representasi Matematis, Open-Ended, Kemampuan Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa kemampuan representasi siswa yang tidak berkembang dengan baik. Hal tersebut dialami juga oleh beberapa siswa-siswi MAN Kota Blitar karena pembelajaran matematika di kelas masih banyak yang menekankan pemahaman kepada siswa tanpa memberikan kesempatan kepada siswa untuk merepresentasikan suatu konsep. Untuk mengasah berbagai representasi siswa, dipilih soal openended yang memiliki banyak penyelesaian, mengharuskan siswa untuk menemukan lebih dari satu jawaban atau cara untuk menyelesaikannya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan representasi siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal openended, 2) untuk mendeskripsikan representasi siswa berkemampuan matematika sedang dalam mengerjakan soal open-ended, dan 3) untuk mendeskripsikan representasi siswa berkemampuan matematika rendah dalam mengerjakan soal open-ended. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 1 siswa berkemampuan matematika tinggi, 1 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 1 siswa berkemampuan matematika rendah di kelas X MAN Kota Blitar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal open-ended adalah dapat memenuhi semua indikator representasi matematis yaitu representasi visual (diagram atau grafik), representasi persamaan atau ekspresi matematis, dan representasi kata-kata atau teks tertulis. 2) siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal open-ended adalah dapat memenuhi dua indikator representasi matematis yaitu representasi persamaan atau ekspresi matematis dan representasi kata-kata atau teks tertulis. 3) siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal open-ended adalah dapat memenuhi satu indikator representasi matematis yaitu representasi persamaan atau ekspresi matematis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 17204163204 ILMA ANGGRAENI
Date Deposited: 13 Aug 2021 02:19
Last Modified: 13 Aug 2021 02:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20641

Actions (login required)

View Item View Item