PERAN GURU PAI DALAM MEMANFAATKAN FASILITAS MASJID UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS (Studi Kasus di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung)

YUSHFA FAHRENNISYA PUTRI, 12201173002 (2021) PERAN GURU PAI DALAM MEMANFAATKAN FASILITAS MASJID UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS (Studi Kasus di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (792kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (977kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI dalam Memanfaatkan Fasilitas Masjid untuk Membentuk Karakter Religius (Studi Kasus di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung)” ini ditulis oleh Yushfa Fahrennisya Putri, NIM 12201173002, pembimbing Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Fasilitas Masjid, Karakter Religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan fasilitas masjid sebagai media dalam pembelajaran. Sebagian besar kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan hanya memanfaatkan ruang kelas sebagai tempat utama dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Namun, tanpa disadari kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di kelas terkadang menjadikan suasana tidak kondusif dan membuat peserta didik merasa bosan. Selain itu, pembentukan karakter religius tidak dapat dilaksanakan tanpa pengalaman langsung yang dialami oleh peserta didik pada saat kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan belajar tersebut, diperlukan peran guru PAI dalam memanfaatkan fasilitas masjid untuk membentuk karakter religius peserta didik, supaya mereka dapat mempraktekkan karakter religius tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru PAI sebagai pendidik dalam memanfaatkan fasilitas masjid untuk membentuk karakter religius di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung ? (2) Bagaimana peran guru PAI sebagai pengajar dalam memanfaatkan fasilitas masjid untuk membentuk karakter religius di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung ? (3) Bagaimana peran guru PAI sebagai pembimbing dalam memanfaatkan fasilitas masjid untuk membentuk karakter religius di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian (1) Peran guru PAI sebagai pendidik dalam memanfaatkan fasilitas masjid untuk membentuk karakter religius melalui penanaman nilai-nilai religius kepada peserta didik; pemberian contoh yang baik oleh guru; pembiasaan karakter religius; dan beberapa hambatan berupa faktor keluarga, lingkungan, dan teman. (2) Peran guru PAI sebagai pengajar dalam memanfaatkan fasilitas masjid untuk membentuk karakter religius melalui proses belajar mengajar dengan memanfaatkan fasilitas masjid; penyediaan fasilitas masjid untuk pembelajaran; metode pembelajaran yang efektif dan efisien; interaksi antara guru dengan peserta didik yang telah dilaksanakan dengan baik; dan beberapa hambatan berupa kesiapan peserta didik, fasilitas penunjang yang jumlahnya terbatas, media penunjang pembelajaran perlu diperbaiki, alokasi waktu kurang, serta letak masjid yang kurang strategis. (3) Peran guru PAI sebagai pembimbing dalam memanfaatkan fasilitas masjid untuk membentuk karakter religius dengan diagnosis kesulitan belajar peserta didik; identifikasi kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik; melaksanakan strategi untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik; dan beberapa hambatan berupa faktor waktu, faktor intelektual dan faktor sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173002 Yushfa Fahrennisya Putri
Date Deposited: 13 Aug 2021 07:02
Last Modified: 13 Aug 2021 07:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20618

Actions (login required)

View Item View Item