STRATEGI KEPALA TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

RATIH PUJI ASTUTI, 12207173012 (2021) STRATEGI KEPALA TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Tata Usaha dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung”, Ini di tulis oleh Ratih Puji Astuti, NIM 12207173012, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, di bimbing oleh Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Kepala Tata Usaha, Kinerja, Tenaga Kependidikan Keberhasilan lembaga pendidikan salah satunya ditentukan dari kinerja tenaga kependidikan. Untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan maka dibutuhkan seorang pemimpin yaitu Kepala Tata Usaha. Seorang Kepala Tata mempunyai strategi untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan. Strategi Kepala Tata Usaha dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan adalah upaya yang dilakukan oleh Kepala Tata Usaha dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan melalui upaya dan langkah-langkah untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan. Tujuannya agar tenaga kependidikan dalam melanjalankan tugas dan pekerjaannya sesuai dengan tanggungjawab dan wewenang yang diberikan. Serta tenaga kependidikan lebih produktif dalam bekerja sehingga tujuan sekolah dapat tercapai secara efektif dan efisien. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya Kepala Tata Usaha dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung (2) Bagaimana langkah-langkah Kepala Tata Usaha dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung (3)Apa Hambatan dan solusi Kepala Tata Usaha dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Skripsi ini bertujuan (1) Untuk mengetahui upaya Kepala Tata Usaha dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung (2) Untuk mengetahui langkah-langlah Kepala Tata Usaha dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung (3) Untuk mengetahui hambatan Kepala Tata Usaha dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data yang diambil dari Kepala Tata Usaha, dan beberapa tenaga kependidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) Upaya Kepala Tata Usaha dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan yaitu membuat program kegiatan, pembagian tugas, penerapan disilin kerja, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, memberi kesempatan cuti tahunan, dan diikutkan pelatihan dari dinas (2) Langkah-langkah Kepala Tata Usaha dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan yaitu perencanaan program kerja atau aktivitas tata usaha kedepannya, membentuk organisasi dan pembagian tugas, menggerakkan seluruh sumberdaya khususnya tenaga kependidikan, dan melakukan pengawasan terhadap kinerja tenaga kependidikan (3) hambatan yang dialami Kepala Tata Usaha dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan yaitu masih adanya tenaga kependidikan yang belum mampu atau kurang menguasai bidang tugasnya, faktor usia, terkadang masih ada tenaga kependidikan yang kurang menerima kritik dan saran, dan miss komunikasi. Solusi dari Kepala Tata Usaha yaitu memberikan sebagian pekerjaan kepada tenaga kependidikan lain, membantu tenaga kependidikan dalam menyelesiakan tugas, memeberi motivasi dan dorongan, serta Kepala Tata Usaha selalu berkoordinasi dengan tenaga kependidikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 2207173012 Ratih Puji Astuti
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:02
Last Modified: 18 Aug 2021 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20593

Actions (login required)

View Item View Item